Skip to main content

Harta Rp8 Triliun, Cabup Pinrang bisa 'Tangkis' Biaya di 5 Pilgub 

KABAR.NEWS/Arya
Grafis LHKPN Rp8 Triliun Cabup Kabupaten Pinrang, Jamaluddin Jafar Jerre. (KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Bakal Calon Bupati Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jamaluddin Jafar Jerre (Triple J) di situs resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mencapai Rp 8.358.947.929.645.

 

BACA JUGA : LHKPN Kandidat Pilkada Sulsel 2018: Jamaluddin Terkaya, Wabup Sidrap Termiskin

BACA JUGA : Video: Jamaluddin Jafar Jerre Ungkap Asal Muasal Hartanya

BACA JUGA : Punya Harta Kekayaan Rp8 Triliun, Calon Bupati Pinrang ini Masuk Kandidat Terkaya

 

Jumlah Rp. 8,358 triliun LHKPN Triple J tersebut, menjadikannya sebagai kandidat kepala daerah terkaya di Pilkada serentak 2018. Namun, Triple J membantah kebenaran nilai laporan LHKPN gendut miliknya yang telah tercantum di situs KPK .

“Itu salah ketik. Hari senin kita revisi,” ujar Triple J, di Private Care Centre (PCC) RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sabtu kemarin.

Tapi bisa apa dengan LHKPN Triple J sebesar Rp8,358 triliun tersebut ? jika kita berandai - andai, LHKPN Triple J mampu untuk menyelenggaraan kegiatan dan menanggung pembiayaan pembangunan infrastruktur raksasa di Indonesia.

Misal, LHKPN politisi PAN tersebut sangat cukup untuk membiayai renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang menelan anggaran Rp769,7 miliar.

 

 

Bukan hanya itu, sisa uang renovasi LHKPN Triple J di situs KPK, juga masih bisa untuk membiayai anggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) di 5 provinsi. 

Bilangan LHKPN Triple J cukup untuk membiayai Pilgub Jawa Barat sebesar Rp1,2 triliun, Pilgub Papua Rp850 miliar dan bisa membiayai anggaran Pilgub Sulawesi Selatan Rp465 Miliar. 

 

BACA JUGA : Blak-blakan Jamaluddin Soal Harta Kekayaan Rp8 Triliun

BACA JUGA : Harta Berlimpah, Danny Pomanto Cawalkot Petahana Terkaya di Pilkada Sulsel 2018

 

Selain itu, Pilgub Jawa Tengah yang menggunakan anggaran Rp990 miliar serta Pilgub Jawa Timur yang menelan anggaran sebesar Rp870 miliar. Total Rp 4,3 triliun dari jumlah LHKPN Triple J dapat membiayai Pilgub di Provinsi tersebut.

Jika dikeluarkan untuk membiayai 5 Pilgub di provinsi tersebut dan renovasi SUGBK, maka sisa harta LHKPN Triple J masih tersisa Rp1,4 triliun. Sisa harta tersebut jika dihitung - hitung, masih cukup untuk menutupi kebutuhan anggaran Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sulsel 2018 ke-XIV di Kabupaten Pinrang sebesar Rp13 miliar.

Selebihnya harta Triple J di LHKPN KPK juga masih cukup untuk membangun 1500 rumah bersubsidi yang ditaksir hanya membutuhkan anggaran Rp500 miliar. Luar Biasa Bukan?

  • Arya Wicaksana