Hari Pertama USBK di SMKN 1 Tator Diikuti 385 Siswa

*Ada ujian susulan

Hari Pertama USBK di SMKN 1 Tator Diikuti 385 Siswa
Siswa yang mengikuti USBK di Laboratorium Komputer SMKN 1 Tator, Makale, Senin (09/5/2022). (KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Makale - Hari pertama Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) di SMK Negeri 1 Tana Toraja, Sulawesi Selatan, pada Senin (9/5/2022) kemarin, diikuti 385 siswa. Peserta ujian menempati lima ruang laboratorium komputer yang disediakan panitia penyelenggara.

 

"Peserta ujian sekolah hari ini ada 385 siswa dengan sistem pengawasan silang, dimana pengawas yang mengawasi siswa ujian merupakan guru dari luar," ungkap Kepala UPT SMK Negeri 1 Tator, Sofyan Linggi' kepada KABAR.NEWS di Toraja, Senin.


USBK secara offline di SMK 1 Tator akan berlangsung selama 6 hari sampai Sabtu, 14 Mei 2022. Proses ujian dibagi dalam tiga sesi dengan durasi waktu 90 menit setiap sesinya.


Menurut Sofyan, pihak sekolah menyiapkan USBK susulan apabila ada siswa yang berhalangan hadir. Ujian susulan tersebut digelar sebelum pengumuman kelulusan yang dijadwalkan pada 3 Juni 2022.


"Pengumuman kelulusan sendiri akan diumumkan setelah merampungkan nilai siswa karena memang harus melewati tahapan seperti nilai UKK (Ujian Kompetensi Keahlian) dengan dua versi, yakni dari lembaga sertifikasi dan metode UKK Mandiri yang dikerjasamakan dengan mitra industri di sekolah. Juga penentuan nilai USBK sesuai standar kriteria yang ditetapkan oleh kementerian," katanya.


"Harapan kita agar siswa kita yang telah mengikuti ujian dan lulus bisa siap pakai dengan adanya MoU dengan pihak yang sudah kita jalin, karena selain mengantongi ijazah, siswa kita juga mengantongi sertifikat kompetensi untuk menjadi bekal mereka ke perusahaan."


Untuk diketahui, sampai saat ini SMK Negeri 1 Tator ini memiliki 7 program keahlian kompetensi bagi para siswanya  yakni :


1. Teknik Gambar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan


2. Teknik Bisnis Konstruksi dan Perumahan


3. Teknik Komputer dan Jaringan


4. Teknik Pengelasan


5. Teknik Kendaraan Ringan (otomotif)


6. Teknik Ketenagalistrikan


7. Teknik Elektronika


Penulis: Febriani/B