Skip to main content

Hari Pertama, Pengunjung F8 Makassar Tembus 305 Ribu

f8
Petugas Moka saat menghitung pengunjung yang masuk di event Makassar Internasional Eigh Festival. (KABAR.NEWS/Andi Frandi)

KABAR.NEWS, Makassar - Total pengunjung di hari pertama event Makassar Internasional Eigh Festival (F8) mencapai 305.894 orang, cara perhitungan sendiri menggunakan sistem yang disebut Moka. Moka atau kasir online adalah sistem point of sale resmi yang bekerja sama dengan pihak panitia F8 Makassar.

"Moka memberikan 1 device di masing-masing booth, untuk menghitung jumlah pengunjung secara real time dan data tersebut terrecord dengan rapih di back office," ujar Achmad Ja'far Al Fakhry, Head of Community and Event Moka kepada KABAR.NEWS, Kamis (11/10/2018).

Ia menjelaskan, penghitungan pengunjung terverifikasi melalui beberapa pintu masuk untuk seluruh area F8 selama acara berlangsung, yang dimulai pukul 16.00 Wita sampai selesai. Untuk pintu CPI tidak dihitung di hari pertama, meski masyarakat banyak yang berada di sana.

Namun hari kedua sudah mulai dihitung. Sementara, untuk total transaksi, kata Ja'far, pihaknya baru akan melakukan penghitungan usai kegiatan, karena penghitungan transaksi hanya dilakukan secara manual.

  • Andi Frandi