Hari Pahlawan, RPG Ajak Warga Tumbuhkan Nilai Kebangsaan

Momen Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan, RPG Ajak Warga Tumbuhkan Nilai Kebangsaan
Anggota DPRD Sulsel, Rudy Pieter Goni. (Foto: Istimewa)












KABAR.NEWS, Makassar - Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Rudy Pieter Goni (RPG) menggelar sosialisasi Nilai-nilai Kebangsaan dengan tema Kepahlawanan, di Warunk Upnormal Jalan Djemma Kota Makassar, Senin (15/11/2021). Dalam sambutannya, RPG mengatakan, untuk mengisi kemerdekaan diera kekinian, selain menumbuhkan semangat optimisme, kita juga harus menumbuhkan semangat inisiatif. 

“Dulu dalam menghadapi para penjajah, para pahlawan turun ke medan perang tidak dengan perintah atau isntruksi dari siapapun. Jiwa mereka terpanggil untuk ikut andil dalam perang kemerdekaan demi mempertahankan kedaulatan negara Indonesia. Hal ini bisa aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu inisiatif,” kata Sekretaris DPD PDIP Sulsel ini. 

RPG mengungkapkan, permasalahan yang masih banyak dihadapi dalam kehidupan sehari-hari kita adalah kurangnya inisiatif.  

“Misalnya kita melihat sampah di jalan, sebenarnya kita sangat mampu untuk mengambil sampah tersebut dan membuangnya ke tempat sampah. Tapi karena tidak adanya inisiatif dari diri sendiri, maka pekerjaan yang sangat mudah itu tidak kita lakukan,” ujarnya. 

Selain itu, yang perlu ditanamkan dalam diri kita untuk mengisi kemerdekaan adalah pantang menyerah. “Dulu untuk meraih kemerdekaan, tentunya para pahlawan pernah mengalami kegagalan dalam usahanya. Tetapi mereka memiliki jiwa pantang menyerah, yang tentunya akan membawa mereka pada hasil atau tujuan yang ingin dicapai,” paparnya. 

Permasalahan yang sering dialami sebagai generasi sekarang adalah mudah menyerah jika apa yang sudah diusahakan ternyata belum berhasil. Ia beranggapan apa yang telah diusahakan itu tidak bernilai apa-apa. 

"Padahal, dengan sedikit usaha lagi sebenarnya apa yang hendak kita capai dapat berhasil. Tetapi, karena tidak adannya jiwa pantang menyerah, maka sering kita melewatkan kesempatan atau peluang yang sebenarnya bisa kita raih,” pungkas RPG.