Skip to main content

Hamza Pastikan Kebutuhan Air Bersih Warga Makassar Terpenuhi

Hamzah Ahmad
Dirut Perumda Air Minum Kota Makassar, Hamzah Ahmad.(ist)

KABAR.NEWS, MAKASSAR - Kebutuhan mendesak yang paling mendasar bagi warga Kota Makassar adalah pemenuhan air bersih, yang dinilai masih sulit di beberapa wilayah, seperti Kecamatan Biringkanayya. 


Hal itu dibenarkan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Dearah (Perumda) Air Minum Kota Makassar, Hamzah Ahmad. Meski begitu, Ia mengklaim jika sumber air baku di Kota Makassar masih lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama 5 tahun ke depan.


"Cadangan air baku kita di atas 8000 liter perdetik, sementara untuk melayanani masyarakat Kota Makassar 500 perdetik sudah mampu melayani kebutuhan masyarakat," kata Hamzah, Rabu (19/2/2020).


Hamzah mengungkapkan bahwa selain infrastruktur alairan air ke daerah-daerah yang masih sulit dijangkau, pihaknya juga menghadapi kendala persoalan izin melintas wilayah. Sehingga, ia menegaskan mesti  melibatkan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. 


"Jadi kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, mengenai air baku ini memang bagaimana pengembangan ke depannya," kata dia. 


Mengenai target Perumda Air Minum ke depan, Hamzah menyebutkan bahwa saat ini dividen maksimal 35 persen dari laba perusahaan. "Itu memang aturannya sudah jelas begitu. Kalau berbicara angka, kan itu aturannya jelas. Saya nanti akan bicarakan. Kalau persoalan itu tidak boleh kita terlalu mengada-ada karena ada aturan terkait dengan dividen," terangnya.


Hamzah bahkan menargetkan akan memberikan konstribusi yang lebih maksimal kepada pemerintah kota untuk pemenuhan APBD. 


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B
 

 

loading...