Hadiri IJC dan ILM Apeksi, Ini Kata Taufan Pawe

* Bahas job kerja inklusif

Hadiri IJC dan ILM Apeksi, Ini Kata Taufan Pawe






KABAR.NEWS, Jakarta - Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Taufan Pawe menghadiri Kick off Meeting pengarusutamaan Inclusive Job Center (IJC) dan Inclusive Labor Market (ILM) yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) untuk pemerintah kota di Hotel JS Luwansa, Jakarta.


Ketua Apeksi, Bima Arya mengatakan Apeksi terus mengembangkan pasar tenaga kerja yang inklusif, yang merupakan pendekatan untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.


Salah satu tujuannya tentang pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, serta mengurangi ketimpangan.


Kerangka kerja IJC, kata Bima akan melayani penyandang disabilitas yang sedang mencari pekerjaan. Di sisi lain, IJC membantu perusahaan, lembaga publik dan swasta yang ingin mempekerjakan penyandang disabilitas dan pemenuhan kuota pemerintah untuk penyandang disabilitas.


“Pemerintah kota diharapkan dapat memberikan hak yang setara kepada penyandang disabilitas, dalam bidang ketenagakerjaan,” ucap Bima.


Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya Apeksi dalam memperkenalkan, dan menjelaskan instrumen pusat ketenagakerjaan inklusif dan pasar tenaga kerja inklusif.


“Hal itu ditujukan kepada pemerintah kota yang menjadi anggota Apeksi khususnya pokja menuju Kota Inklusif,” ungkap Ketua DPD I Golkar Sulsel ini. Kamis (19/1/2023).


Diketahui, Apeksi sebelumnya telah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Menuju Kota Inklusif sejak tahun 2017.


Pokja tersebut salah satunya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas pemerintah kota tentang inklusi disabilitas dan mendukung mereka dalam mengembangkan kebijakan yang ramah disabilitas.


Penulis: Arsyad/C