Skip to main content

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Lepas Eskpor 48 Ton Ikan Terbang ke Jepang 

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melepas Eskpor Ikan Terbang ke Jepang. (KABAR.NEWS/Andi Khaerul)

KABAR.NEWS,Makassar - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah kembali melepas ekspor hasil tangkapan Ikan Terbang sebanyak 48 ton ke Prefektur Hakata perusahaan asal Jepang di area PT.KIMA. Sabtu (19/1/2019).


Nurdin mengatakan penangkapan untuk Ikan Terbang masih tergolong sulit di lakukan di Sulsel, apalagi para nelayan masih minim Inovasi dan teknologi, sehingga Pemprov akan memberi perhatian khusus pada sektor tersebut.


"Ini menjadi tantangan kita kedepan, bagaimana bisa meningkatkan kemampuan nelayan kita. Supaya industri ini secara continue bisa hasilkan bahan baku yang cukup untuk di ekspor," ucapnya.


Olehnya itu, Nurdin juga berharap pihak terkait, seperti Dinas Perikanan Sulsel  bisa menjadi inisiator mengadakan pelatihan mengenai teknologi penangkapan ikan kepada nelayan. 


"Alat tangkap kita masih sederhana. Padahal sekarang semua sudah dengan teknologi. Ini juga tantangan bagi pemerintah. Ikan terbang ini belum ada teknologinya," kata Nurdin Abdullah.


Sementara itu, Perwakilan PT Usaha Sentral Jaya Sakti, Andi Arifuddin mengatakan, sebanyak 48 ton ikan terbang tersebut akan diangkut oleh masing-masing dua kontainer ke Jepang, hari ini. 


"Kita sebenarnya masih sulit mendapat pasar untuk ikan terbang ini, kerjasama dengan ini adalah angin segar bagi kami,kontrak dengan jepang untuk ikan terbang sebanyak 14 kontainer dengan satu kontainer masing- masing itu 24 ton," ungkapnya.

 

  • Andi Khaerul

 

 

 

loading...