Gubernur Sulsel Kirim Bantuan Lewat Laut ke Sulbar

Jalur darat terputus.

Gubernur Sulsel Kirim Bantuan Lewat Laut ke Sulbar
Basarnas melakukan evakuasi korban gempa Majene. (Istimewa)






KABAR.NEWS, Makassar - Gempa bumi magnitudo 6,2 di Majene, Sulawesi Barat menjadi duka bagi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah. Rencananya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan mengirimkan bantuan ke Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulbar melalui jalur laut. 

Nurdin mengaku sudah berkoodinasi dengan Kepala Kepolisian Daerah Sulsel, Panglima Kodam Hasanuddin, dan Danlantamal VI Makassar untuk memberikan bantuan ke Pemprov Sulbar. Mantan Bupati Bantaeng ini mengatakan dirinya mendapatkan informasi jika jalur darat menuju ke Mamuju, Sulbar terputus akibat longsor. 

"Saya dapat info kalau jalan terputus. Saya sudah koordinasi dengan Danlantamal mengirim armada untuk menyalurkan bantuan melalui jalur laut," ujarnya kepada wartawan, Jumat, (15/1/2021). 

Ia mengaku saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel sudah melakukan persiapan untuk dikirim ke Sulbar. Nurdin ingin memastikan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan warga Sulbar. 

"BPBD Sulsel lagi persiapan. Makanya kita mengecek apa kebutuhan di sana," kata dia. 

Selain berkoodinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Nurdin Abdullah juga sudah berbicara dengan Telkom dan PT PLN agar segera membenahi jaringan listrik. 

"Kita koordinasi dengan Telkom untuk cek jaringan dan PLN untuk segera membenahi aliraan listrik di sana," tuturnya.

Sementara Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan akses jalan Majene-Mamuju, Sulbar terputus akibat longsor. 

"Longsor  tiga titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju. Akses jalan terputus," ucapnya.