Gubernur Andi Sudirman Dukung Bakamla Bangun Markas di Perairan Sulsel

* Perkuat posisi maritim Sulsel

Gubernur Andi Sudirman Dukung Bakamla Bangun Markas di Perairan Sulsel
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (kanan) berbincang dengan Kepala Kantor Bakamla Zona Tengah Laksma Octavianus di Makassar. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atau Pemprov Sulsel mendukung Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) untuk membangun markas di perairan Sulsel.


Hal itu disampaikan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saaf menerima kunjungan Kepala Kantor Bakamla Zona Tengah, Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Kamis (8/6/2023).


Kunjungan ini terkait fungsi tugas dan fungsi Bakamla dalam melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, serta sistem pertahanan nasional. 


Andi Sudirman mengatakan Bakamla RI memperkuat posisi Sulsel sebagai daerah maritim sekaligus penghubung antara wilayah barat dan timur Indonesia. 


Di satu sisi juga untuk membantu masyarakat sulsel terutama keamanan dan perlindungan masyarakat nelayan di perairan Sulsel.


"Kebanyakan masalah di sini adalah ilegal fishing, ini untuk melindungi nelayan kita," kata Andi Sudirman.


Sehingga untuk itu, Ia menilai bahwa Bakamla harus hadir di Sulsel termasuk dalam membangun markas. Pemerintah Provinsi Sulsel mendukung hal tersebut dengan menawarkan bantuan lahan.


"Kenapa harus di Sulsel, ada Bakamla, karena untuk membantu masyarakat terutama keamanan dan perlindungan masyarakat nelayan di perairan Sulsel," sebutnya.(*)