Skip to main content

Gratis, BNN Jabar Ajak Pecandu Narkoba untuk Rehabilitasi

Narkoba
Kepala BNN Jabar, Sufyan Syarif.(Detikcom)


KABAR.NEWS, Bandung - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat (Jabar) tak hanya ingin menindak dan memburu pelaku penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Tetapi BNN Jabar juga mempunyai kepedulian untuk mengajak kepada pecandu narkoba mengikuti rehabilitasi. 


Kepala BNN Jabar Sufyan Syarif menegaskan bagi masyarakat yang ingin betul-betul berhenti dari jeratan narkoba, BNN Jabar memberikan rehabilitasi secara gratis.


Baca Juga: 

"Selama tahun 2018 ini kita punya anggaran untuk menyembuhkan orang yang ketergantungan. Sisa dua bulan lagi di 2018, kita masih ada dana, silahkan datang untuk disembuhkan, gratis. Kita masih ada slot untuk sekitar 200-300 orang," ungkapnya dikutip dari detikcom saat acara pencegahan dan pemberantasan narkotik di Jalan Malabar, Kota Bandung, Kamis (8/11/2018).


Sufyan memang tak merinci berapa total anggaran yang dimiliki BNN Jabar untuk proses penyembuhan ini. Namun, dia menyebut ada dua metode penyembuhan yakni dengan rawat jalan dan rawat inap di pusat rehabilitasi Lido, Bogor. 


Anggaran perorangan untuk rawat jalan sebesar Rp 1,2 juta per orang dan rawat inap sebesar Rp 9 juta per orang selama 3 bulan. 


"Untuk proses rawat inap dilakukan di Lido, sementara rawat jalan dilakukan di kantor BNN di seluruh Kota/Kabupaten di Jabar," katanya.


Sufyan mengatakan selama ini masih banyak pengguna narkotik yang enggan direhabilitasi agar terhindar dari jeratan barang haram. Salah satunya karena faktor rasa malu. 


"Banyak faktor mulai dari keluarganya malu, sindikat yang ingin supaya jualannya laku dan masalah ekonomi, karena dikiranya rehabilitasi bayar, padahal gratis," ucap Sufyan.
 



loading...