Grand Opening THF 2021, Torut Diganjar 2 Penghargaan dari OJK dan BI

Ombas tekan protokol kesehatan

Grand Opening THF 2021, Torut Diganjar 2 Penghargaan dari OJK dan BI
Keterangan gambar : Grand Opening THF 2021 di aula Misliana Hotel Rantepao, Senin (04/10/2021) malam. (KABAR.NEWS/Febriani)












KABAR.NEWS, Rantepao - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan, diganjar dua penghargaan pada malam pembukaan Toraja Highland Festival (THF) di Misliana Hotel Rantepao, Senin (4/10/2021).


Dua penghargaan tersebut berasal dari Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). BI menghargai Pemkab Torut sebagai TPKAD pertama pelaksanaan Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2021 (BIK 2021)


Sementara, OJK memberikan penghargaan kepada Torut sebagai pemerintah daerah dengan porsi pendapatan QR Code Standard Indonesia (QRIS) terbanyak.


Bupati Torut Yohanis Bassang atau Ombas yang memberikan sambutan secara virtual menyampaikan bahwa pelaksanaan event ini tentu dilakukan berdasarkan  protokol kesehatan mengingat Torut berada di PPKM Level 2 dan tingkat kematian Covid-19 yang ada di Toraja Utara berada di posisi nol.


"Sekarang saatnya kita bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 uang cukup lama sehingga kita bangkit kembali untuk memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19 sesuai terapan pemerintah pusat. Puji Tuhan, perkembangan Covid-19 di Toraja Utara sendiri mengalami penurunan hingga tingkat kematian diposisi Nol (0). Hal tersebut tak lepas dari penerapan Protokol kesehatan dan didukung dengan adanya vaksinasi massal yang sangat membantu Pemerintah Kabupaten Toraja Utara untuk menurunkan Pandemi Covid," kata Ombas.


Ombas ini meyakinkan kepada setiap pengunjung THF bahwa event tersebut menarik dan akan mengesankan, terkhusus pula bagi pelaku UMKM di Torut dalam pemulihan ekonomi.


"Event ini tentu memperkenalkan adat, budaya dan pariwisata Toraja Utara sehingga wisatawan dapat hadir menyaksikan adat istiadat yang dimiliki Toraja Utara disisi lain memperkenalkan adat dan budaya di Indonesia serta mendongkrak perekonomian UMKM, semoga kehadiran Bapak/Ibu dapat membantu menggairahkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi di Toraja Utara," pungkasnya.


Senada itu, Wabup Torut, Frederik V. Palimbong menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran, panitia penyelenggara THF, para Pejabat dari OJK, para Pejabat BI, para sponsor dan semua stakeholder yang telah memberikan dukungan  sehingga pelaksanaan Grand Opening Ceremony Toraja Highland Festival 2021 sehingga dapat berlangsung dengan baik.


Direktur Departemen Statistik BI Fadjar Majardi pada kesempatan ini mengatakan, pihaknya memandang THF sebagai kontekstual dimasa pandemi dan bagaimana menggairahkan kembali sektor UMKM serta mampu beradaptasi di masa sulit ini.


"Komitmen Bank Indonesia tentu mendukung dan meningkatkan kapasitas dibidang pemasaran, digitalisasi UMKM, Inovasi dalam mendorong akselerasi UMKM menuju New Normal sehingga mendorong UMKM dapat naik kelas, pola pembinaan Bank Indonesia dilaksanakan secara hulur ke hilir disisi lain BI juga mendorong digitalisasi transaksi," kata Fadjar Majardi.


"Semoga kegiatan ini dapat berdampak positif secara berkelanjutan terhadap pemulihan ekonomi daerah."


Penulis: Febriani/B