Skip to main content

Golkar Belum Teken SK Cakada Bulukumba, Tator, Makassar & Gowa

Golkar Belum Teken SK Cakada Bulukumba, Tator, Makassar & Gowa
Ketua Bappilu Partai Golkar Sulsel, Kadir Halid. (KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)

KABAR.NEWS, Makassar - DPP Partai Golkar belum menyerahkan surat keputusan atau SK calon kepala daerah (Cakada) untuk 4 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang akan menggelar Pilkada serentak 2020.

 

Keempat daerah tersebut tidak termasuk dalam 159 cakada yang telah mendapat SK pencalonan dari DPP Golkar yang diserahkan Ketua Umum Airlangga Hartarto di Jakarta, Minggu (12/7/2020).

 

Ketua Tim Penjaringan Cakada DPD I Partai Golkar Provinsi Sulsel, Kadir Halid mengatakan, keempat daerah tersebut adalah kandidat untuk Pilkada Kabupaten Bulukumba, Makassar, Tana Toraja (Tator) dan Gowa.

 

"Tadi diserahkan 8 kabupaten di Sulsel yah, jadi masih ada 4 daerah yang belum. Masih menunggu giliran tahap berikutnya," ujar Kadir Halid saat dihubungi KABAR.NEWS, Minggu.

 

Kadir mengatakan, cakada yang telah menerima SK dari DPP Golkar adalah kandidat yang sudah final atau tidak akan berubah. Mereka bakal mengantongi surat beformat B1-KWK ketika KPU membuka tahapan pendaftaran.

 

Ditanya soal SK Golkar untuk kandidat Pilwalkot Makassar, Kadir menjelaskan bahwa belum keluarnya SK untuk Irman Yasin Limpo atau None karena yang bersangkutan memiliki pasangan.

 

"Kita menunggu dulu. Kan Pak None juga belum ada wakilnya. Penetapan tadi ini kan berpasangan, jadi bukan lagi rekomendasi, sudah penetapan. Pak None juga belum mengusulkan nama (wakil, red)" tegas Kadir.

 

Sementara, untuk kandidat Pilkada Tator, Bulukumba serta Gowa, Kadir menyebut kemungkinan mereka akan menerima SK dari DPP Golkar pada tahap berikutnya bersama cakada lain dari berbagai daerah.

 

Di Pilkada Bulukumba, ada dua figur yang berebut usungan Partai Golkar yakni bakal calon bupati Jamaluddin Syamsir dan pasangan Andi Hamzah Pangki - Murniaty Makking.

 

"Yang tadi itu baru 159 daerah, masih ada 111 daerah se-Indonesia yang belum untuk tahap berikutnya," tandas Kadir.

 

Berikut 8 Cakada di Sulsel yang mengantongi SK usungan dari DPP Partai Golkar:

 

1. Pilkada Selayar: Basli Ali - Saiful Arif

 

2. Pilkada Maros: Andi Tajerimin - Hafid Pasa

 

3. Pilkada Pangkep: Andi Ilham Zainuddin - Rismayanti

 

4. Pilkada Barru: Malkan Amin - Salahuddin Nuh

 

5. Pilkada Soppeng: Kaswadi Razak - Luthfi Halide

 

6. Pilkada Toraja Utara: Yohannes Bassang - Frederik Palimbong

 

7. Pilkada Luwu Utara: Indah Putri Indriani - Suaib Mansur

 

8. Pilkada Luwu Timur: Thoriq Husler - Budiman

 

Flower

 

loading...