Gerhana Bulan Total Terlihat Cukup Jelas di Langit Toraja

Dari fase awal hingga akhir

Gerhana Bulan Total Terlihat Cukup Jelas di Langit Toraja
Proses Gerhana Bulan Total yang diabadikan di Makale, Tana Toraja, Sulsel, Rabu (26/5/2021). (Foto: KABAR.NEWS/Febriani)












KABAR.NEWS, Makale - Gerhana Bulan total atau Super Blood Moon terlihat cukup jelas di langit Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, pada Rabu (26/5/2021) pukul 19.10 WITA.


Fenomena ini juga terpantau secara kasatmata di langit Rantepao, Toraja Utara. Proses Gerhana Bulan di Toraja berlangsung cukup singkat sekitar beberapa menit.


Tak ayal, fenomena langka ini menjadi tontonan masyarakat. Pewarta KABAR.NEWS yang berada di daerah berjuluk Bumi Lakipadada ini, berhasil merekam proses Gerhana Bulan dari fase awal hingga akhir menggunakan kamera ponsel.


Diketahui, Gerhana Bulan total terjadi karena sinar matahari terhalang oleh bumi sehingga tidak semua pancarannya sampai ke bumi. Kondisi ini membuat pergerakan posisi bulan, bumi, dan matahari dinamis.


Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah 4 Makassar memperdiksi puncak Gerhana Bulan total berlangsung pukul 19:18:43 Wita dengan durasi total selama 8 menit 44 detik.

Penulis: Febriani/A