Gempa Majene Jumat Dini Hari Terasa Hingga Luwu Raya & Pulau Kalimantan

- Berkekuatan 6,2 SR

Gempa Majene Jumat Dini Hari Terasa Hingga Luwu Raya & Pulau Kalimantan
Titik pusat gempa di Majene, Sulbar, pada Jumat (15/1/2021) dini hari. (Screenshot/Twitter BMKG)












KABAR.NEWS, Palopo - Gempa bumi kembali terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat (15/1/2021) dini hari sekitar pukul 02.25 WITA.


Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa kali ini berkekuatan 6,2 skala richter yang terpusat di 6 Kilometer Timur Laut Majene - Sulbar. Gempa ini tidak berpotensi Tsunami.


"Gempa Mag:6.2, 15-Jan-21 01:28:17 WIB, Lok: 2.98 LS,118.94 BT (6 km TimurLaut MAJENE-SULBAR), Kedalaman:10 Km, tidak berpotensi tsunami," tulis akun Twitter @InfoBMKG.


Getaran gempa Majene pada Jumat dini hari terasa sampai ke wilayah Luwu Raya, Sulsel, yang jaraknya 275 km lebih dari titik koordinat gempa. Khususnya di Kota Palopo, getaran gempa cukup kuat hingga menyebabkan bingkai foto dalam rumah tembok bergoyang.


Beberapa narasumber yang dihubungi KABAR.NEWS di Kota Makassar dan sekitarnya juga merasakan getaran Gempa Majene. Pengguna WhatsApp dan Twitter mengabarkan ikut merasakan getaran gempa di Kota Daeng.

Bahkan, sejumlah netizen di Twitter yang mengomentari pengumuman akun BMKG juga merasakan Gempa Majene sampai ke Samarinda, Kaltim dan Kotabaru, Kalimantan Selantan.

Sebelumnya, pada Kamis kemarin pukul 14.35 WITA, Majene juga diguncang gempa namun skalanya lebih kecil dibanding gempa Jumat dini hari yakni 5,9 skala richter.