Skip to main content

Gempa Lombok Picu Longsor, 2 Turis asal Malaysia dinyatakan Meninggal

Gempa Lombok Picu Longsor, 2 Turis asal Malaysia dinyatakan Meninggal
Ilustrasi gempa bumi. (INT)

KABAR.NEWS, Lombok - Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) memicu tanah longsor di Kawasan Air Terjun Tiu Kelep, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Minggu (17/3/2019).


Baca juga: Tiga Ruang di Rutan Sinabang Aceh Terbakar, 82 Narapidana Dievakuasi

Dilaporkan pemerintah setempat, setidaknya ada 40 orang wisatawan dari dalam dan luar negeri yang masih terjebak di kawasan Air Terjun Tiu, akibat longsoran tanah yang disebabkan gempa sore tadi.


"Terdapat kurang lebih 40 orang wisatawan terkena longsoran di sekitar kejadian," kata Kabag Humas Setda Lombok Utara Mujaddid Muhas dalam keterangannya, Minggu (17/3/2019) dikutip dari Detik. "Korban dominan berasal dari wisatawan Malaysia dan domestik."


Menurut Mujaddid, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinkes Pemkab Lombok Utara telah menerjunkan 4 mobil ambulans ke lokasi kejadian bersama personil dan paramedis.



Dari proses itu, tim evakuasi baru bisa mengevakuasi 5 orang, 2 orang meninggal dunia dan sejumlah lainnya luka-luka, 1 orang dirawat di Puskesmas Bayan.


Baca juga: Penanganan Banjir Bandang di Sentani, Wapres JK Tunggu Data BNPB

"Benar info turis dari Malaysia 22 orang, data sementara 2 orang meninggal. Teman-teman BPBD, Damkar dan kepolisian sedang evakuasi turis yang masih terjebak," ujar Pusdalops Lombok Utara, Araruna. 


Sumber: Detik