Gelora Habibie Sepi bikin Pluim Sedih: Ini bukan Seperti Suporter PSM

* Tujuh musim di PSM baru kali ini Pluim melihat markasnya lowong

Gelora Habibie Sepi bikin Pluim Sedih: Ini bukan Seperti Suporter PSM
Pemain PSM Makassar Wiljan Pluim (kanan) berduel udara dengan bek Persik Kediri pada pertandingan pekan ke-6 Liga 1 di Stadion Gelora B.J Habibie, Parepare, Kamis (3/8/2023). (Instagram/persikofficial)

KABAR.NEWS, Parepare - PSM Makassar menelan kekalahan dari Persik Kediri pada gameweek keenam Liga 1 di Stadion Gelora B.J Habibie, Parepare, Kamis (3/8/2023). Kapten Juku Eja, Wiljan Pluim, merasa kekalahan ini semakin menyedihkan sebab stadion sepi penonton.


Pertandingan yang berakhir 2-1 untuk kemenangan Persik itu, memang berbeda daripada laga sebelumnya. Tribune Stadion Gelora Habibie tampak lowong dari atribut merah-merah khas suporter PSM.


Tayangan siaran langsung PSM vs Persik memperlihatkan hanya tribune timur Gelora Habibie yang diisi ratusan suporter. Sektor selatan maupun tribune tertutup tidak disesaki pendukung tuan rumah. 


Sepinya stadion saat Persik menghajar PSM diperparah dengan sanksi larangan penonton hadir di tribune selatan Gelora Habibie. Pluim pun merasakan atmosfer berbeda.


Pluim baru kali ini merasa markas Pasukan Ramang terlihat sangat sepi dari kelompok suporter PSM. Pemain asal Belanda itu menyebut penonton yang hadir tidak seperti pendukung PSM.


"Saya mengucapkan terima kasih kepada supporter yang hadir, namun setelah tujuh tahun di PSM, mungkin saya belum pernah lihat stadion kandang kita begitu sunyinya. Ini bukan seperti suporter PSM Makassar," ujar Pluim usai pertandingan di Gelora Habibie.


Pluim mengaku Liga 1 musim ini semakin sulit tanpa kehadiran suporter di stadion. Olehnya itu, dia meminta seluruh kelompok suporter bisa memberikan dukungan melalui fase sulit ini.


"Terutama di masa masa sulit ini, di situlah kita paling membutuhkan suporter. Mereka harus membantu kita keluar dari masa buruk ini," harap Pluim.


Sepinya stadion Gelora Habibie dari suporter PSM, tidak lepas dari jadwal pertandingan yang digelar pada hari kerja atau di luar weekend. Hal itu juga dipengaruhi gerakan Aliansi Menepi sejumlah kelompok yang meminta harga tiket PSM diturunkan.


Adapun harga tiket PSM musim ini untuk tribune VIP Utama sebesar Rp350 ribu, VIP Utara dan Selatan Rp 250 ribu dan Tribun Timur Rp 100 Ribu
Kemudian Tribun Utara dan Selatan Rp60 ribu.