Skip to main content

Gelar Diplomacy Festival 2019, Itjen Kemenlu Harap Generasi Muda Paham Politik Luar Negeri

Pemkot makassar
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat menerima Itjen Kemenlu, Rachmat Budiman saat Audience di rumah pribadi Danny Pomanto Jalan Amirullah Makassar.

KABAR.NEWS, Makassar - Setelah berhasil digelar di Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Padang, kini Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) menggelar Diplomacy Festival atau DiploFest yang akan diselenggarakan pada 22-23 Februari 2019 di Makassar.


"Rangkaian acaranya dimulai pada tanggal 22 Februari yang akan diisi oleh disiminasi Universitas-universitas, dan esoknya (23/2) menjadi penghujung acara yang akan ditutup dengan acara hiburan pada malam harinya," kata Itjen Kemenlu RI, Rachmat Budiman usai menghadiri audiensi di kediaman Wali Kota Makassar, Senin (11/2/2019). 

Ia mengaku, Kemenlu akan mendiseminasikan semua kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan politik luar negeri.


"Disitu kita juga nanti akan mendiseminasikan apasih yang akan dilakukan oleh Indonesia selama menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan, apasih peranan Indonesia di dalam menciptakan ketertiban dan keamanan dunia," imbuhnya.


Dalam kegiatan ini, diharapkan agar generasi muda tahu persis segala kegiatan Kemenlu dan pengaruhnya terhadap masyarakat. 


"Kami akan memberikan informasi-informasi dan pelatihan-pelatihan, misalnya generasi muda mengalami merasakan perdebatan di PBB," jelasnya.


Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga akan diadakan simulasi.


"Kami nanti akan mengajarkan tentang public speaking, jadi nanti kami akan berikan semacam bimbingan teknis bagaimana cara berbicara di dalam bahasa Inggris dalam suatu forum internasional," tegasnya.


Rachman menghimbau khususnya generasi muda untuk berpartisipasi dan memberi masukan yang terakit dengan kegiatan-kegiatan politik luar negeri dan diplomasi luar negeri.


"Pada saat yang bersamaan, kami ingin menginformasikan capaian-capaian dari pelaksanaan kegiatan diplomasi yang dilaksanakan oleh kementrian luar negeri," pungkasnya.

  • Ratih Sardianti Rosi

 

loading...