Skip to main content

Gaya Walikota Liverpool Joe Anderson Kunjungi Kota Surabaya

walikota liverpool
Wali Kota Liverpool Jalan-jalan ke Tunjungan Surabaya Wali Kota Liverpool Joe Anderson menari bersama di Jalan Tunjungan, Surabaya. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

KABAR.NEWS, Liverpool - Wali Kota Liverpool, Inggris, Joe Anderson dan Wakil Wali Kota Liverpool Gary Millar beserta anggota rombongan menyempatkan diri jalan-jalan ke Tunjungan, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada saat kunjungannya ke Kota Pahlawan pada Minggu (18/3/2018) malam.

Anderson mengaku senang mengunjungi Kota Surabaya. Dia mengaku sudah mengunjungi beberapa tempat yang menurutnya penting di Kota Pahlawan.

"Sangat bagus sekali. Ini pengalaman yang menarik bagi saya dan rombongan, terima kasih Surabaya," kata Joe Anderson.

Saat tiba di Jalan Tunjungan, rombongan disambut sekitar sekitar puluhan anggota komunitas fotografi Surabaya serta beragam pertunjukan di sepanjang jalan bersejarah yang disiapkan Pemkot Surabaya.

Walikota Liverpool dan rombangan tertarik menyaksikan pertunjukan gamelan itu sembari berfoto-foto. 

Tidak seperti biasa, dimana langgam yang diiringi gamelan biasanya berbahasa Jawa, kali ini lagu yang dibawakan berbahasa Inggris.

Di depan Gedung Siola, Wali Kota Liverpool tak hanya menyaksikan pertunjukan kesenian Reog Ponorogo tapi juga diajak menaiki kepala reog.

Anderson juga ramah terhadap warga Surabaya yang menyambut kedatangannya. Dia berkali-kali melayani foto bersama, menyapa anak-anak kecil yang bermain di Jalan Tunjungan bersama orang tua mereka.

Dia pun tak melewatkan kesempatan untuk berfoto di bawah papan nama jalan bertuliskan Tunjungan. 

Kepala Sub Bagian Kerja Sama Luar Negeri Pemkot Surabaya Yanuar Hermawan mengatakan kunjungan rombongan Liverpool ke Surabaya ini untuk meningkatkan kerja sama "sister city" antara Kota Surabaya dengan Liverpool.

Selama di Kota Surabaya, rombongan dari Liverpool ini akan mengikuti sejumlah acara yang telah dipersiapkan, seperti berkunjung ke Siola meninjau langsung CC room 112, UKM, Museum Surabaya dan Koridor.

"Rombongan ini pun akan berkunjung ke Taman Baca, mengunjungi sekolah inklusi dan lingkungan pondok sosial (Liponsos) di Keputih Surabaya," kata Yanuar seperti dilansir kantor berita Antara, Senin (19/3/2018).

Kedua pimpinan kota ini juga dijadwalkan akan menandatangani nota kesepahaman "sister city" di Balai Kota Surabaya pada Senin ini.

Adapun bidang-bidang kerja sama "sister city" yang terjalin antara Liverpool dan Surabaya adalah pengembangan ekonomi kreatif, manajemen pelabuhan, pengembangan Kota Pintar dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.