Gasak Emas Korban, Begini Modus Pelaku Hipnotis di Sidrap

Ditangkap di acara pernikahan

Gasak Emas Korban, Begini Modus Pelaku Hipnotis di Sidrap
Foto ilustrasi hipnotis. (Pixabay)






KABAR.NEWS, Makassar - Polisi berhasil menangkap pria bernama Suryadi alias Abbas terduga pelaku hipnotis yang beraksi di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. 


Pria 42 tahun tersebut diamankan di hadapan keluarga besarnya saat menggelar pesta pernikahan di Kampung Mario, Kecamatan Panca Rijang, Sidrap, Minggu (21/3/2021).


Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Sulsel, Kompol Supriyanto mengatakan Abbas menghipnotis korbannya pada Februari 2021 yang merupakan seorang perempuan dan membawa perhiasan emas. Modusnya, pelaku mendatangi warung korban berpura membeli air mineral.


"Kemudian korban diajak ikut naik ke mobil pelaku dengan alasan hendak membagi-bagikan uang ke masyarakat yang tidak mampu di sekitar Kota Parepare," kata Supriyanto dalam keterangan tertulis, Selasa (23/3/2021).


Setelah diiming-imingi uang senilai ratusan juta, korban lalu disuruh untuk kembali ke rumahnya mengambil emas dengan alasan untuk diberkati. Tak menunggu lama, korban pun mengikuti semua perintah pelaku.


"Selanjutnya korban naik kembali ke mobil, setelah di mobil emas korban dimasukkan ke dalam sebuah tas lalu digembok, kemudian tas korban tersebut diganti dengan tas yang lain oleh teman pelaku, lalu korban disuruh membuka tas tersebut esok harinya," ungkap Supriyanto.


Di hadapan petugas, pelaku Abbas mengakui bahwa melakukan aksinya itu dengan beberapa teman lainnya inisial MN, RD dan AM, yang sementara masih dalam pencarian pihak kepolisian


"Barang bukti emas itu pelaku mengaku sudah menjualnya di daerah Kabupaten Maros," tandasnya. Pelaku pun kini sudah di tahan di Mapolres Parepare demi mempertanggung jawabkan perbuatannya.


Penulis: Reza Rivaldy/B