Skip to main content

FKIP Unismuh Jadi Pilihan Mahasiswa Asing Belajar Bahasa Indonesia

mahasiswa asing
Muhammad Zia Ulhaq, pengelola dari FKIP Unismuh saat berfoto bersama perwakilan mahasiswa asing. (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Mahasiswa asal Ukraina, Thailand, Madagaskar dan Rusia memilih belajar Bahasa Indonesia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar melalui program Beasiswa Darmasiswa RI Tahun 2018/2019.

Program beasiswa tersebut merupakan program kerja sama antara Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud RI dengan 73 Perguruan Tinggi se-Indonesia, termasuk salah satunya Unismuh Makassar.

Untuk di wilayah Indonesia Timur, hanya ada 3 perguruan tinggi yang dipercaya sebagai pengelola beasiswa tersebut, yakni FKIP Unismuh Makassar, Universitas Sam Ratulangi Manado dan Universitas Pattimura Ambon.

Muhammad Zia Ulhaq selaku pengelola dari FKIP Unismuh mengetakan bahwa peminat mahasiswa asing yang memilih FKIP Unismuh Makassar berjumlah 20 orang. "Kami menyeleksi sebanyak 20 orang dan hanya 4 orang yang lulus seleksi," ungkap Zia.

Salah satu peserta asal Rusia, Natalia mengungkapkan alasannya memilih FKIP Unismuh. Ia mengaku tertarik tentang budaya dan kuliner di Makassar. Selain itu, ia juga ingin mengunjungi Toraja dan beberapa pantai yang ada di Sulsel.

Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib saat dikonfirmasi menjelaskan, program ini sudah lama berjalan. "Sejak tahun 2006, program ini dirintis oleh dekan sebelumnya, Bapak Andi Sukri Syamsuri," ungkap Erwin.

Mahasiswa tersebut nantinya akan belajar selama 1 tahun ke depan. Selain belajar Bahasa Indonesia, mereka juga akan belajar tentang kebudayaan- kebudayaan Bugis-Makassar.

  • Andi Frandi

 

loading...