Skip to main content

Firdaus Paressa; Caleg Andalan Partai Berkarya di Dapil Makassar B

firdaus paressa
Caleg DPRD Sulsel Dapil Makassar B (Panakukang Manggala Biringkanaya, dan Tamalanrea) Partai Berkarya, Ir Firdaus Paressa SH MH (IST)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Partai Berkarya yang didirikan pada 2016 oleh putra presiden kedua RI Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto siap menghadapi tahun politik pada 2019. Di Daerah Pemilihan (Dapil)  Makassar B, Partai Berkarya telah menyiapkan caleg andalannya untuk merebut kursi anggota legislatif DPRD Sulsel. Dia adalah Ir Firdaus Paressa SH MH. 

Pria yang sekarang berprofesi sebagai pengacara ini bakal bertarung memperebutkan suara di Kecamatan Manggala, Tamalanrea, Biringkanaya, dan Panakkukang. Firdaus Paressa bukan nama baru di pentas politik. Dengan segudang pengalaman organisasi, pernah menjadi Ketua PAC Golkar Kec Tamalanrea-Biringkanaya  (1999-2007), dia juga dikenal sebagai penggiat antikorupsi sebagai Direktur Direktur Masyarakat Transparansi Sulawesi Selatan (Matrass)

Tidak sampai di situ, pengalaman di beberapa organisasi, seperti; Ketua Biro Hukum Ahli Tenaga Teknik Sipil Indonesia, Ketua Biro Hukum Aspikido Sulsel, Ketua Biro Hukum Assoasi Jasa Konstruksi Indonesia DPW Sulsel membawa dirinya makin mantap menatap perhelatan lima tahunan ini.

Dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, alumni S3 hukum Universitas Padjajaran ini yakin bisa meraih suara dari masyarakat. “Saya bukan pendatang baru di pentas politik dan tidak gentar dengan incumbent. Sekarang rakyat sudah pandai dan berpikir caleg mana yang terbaik untuk mereka,” lugasnya kepada KABAR.NEWS, Rabu (18/10/2018)

Suami dari Ir Charnia Iradat Rapa’ MT ini mengaku, selain mendapat dukungan penuh dari keluarga besarnya juga masyarakat  memintanya untuk maju mencalonkan diri. "Keluarga itu sebagai motivasi awal bergerak bersama konstituen," ucap ayah empat orang anak ini.

Sebagai tokoh masyarakat di lingkungannya, Firdaus Paressa banyak mendengar dan melihat apa yang menjadi aspirasi warga di sekitarnya. "Mereka (warga, red) rata-rata mengeluhkan para wakil rakyat itu jika sudah terpilih sudah melupakan konstituennya. Karakter saya tidak begitu. Saya ini komitmen dan berkualitas. Saya akan menepati komitmen ini. Saya mengutamakan aspirasi masyarakat dan saya sangat berkomitmen dengan hal ini,” tuturnya.

Firdaus Paressa yang juga Ketua LBH Partai Berkarya DPW Sulsel ini terketuk untuk maju menjadi Caleg DPRD Sulsel karena kondisi bangsa ini yang tengah kalut. Kasus korupsi merajalela, dari legislatif, eksekutif, yudikatif bahkan sampai ke penegak hukum. Dia juga prihatin dengan cara berpolitik yang menghalalkan segala cara.

“Kasus korupsi, kejahatan narkoba dan lainnya sekarang begitu massif, tidak seperti dahulu lagi. Kondisi bangsa saat ini karut marut. Jika mental dan moral penyelenggara negara masih seperti sekarang, pasti repot,” katanya.

Dia juga menyoroti pembangunan yang dilakukan pemerintah tanpa pedoman perencanaan yang matang. "Berbeda dengan dulu yang ada  Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun) dan GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara),” lanjutnya.

Firdaus Paressa ingin mengajak masyarakat dan tokoh-tokoh parpol agar berpolitik dengan santun dan beretika. Dengan demikian, moral dan mental bangsa bisa terus membaik. “Saya ingin mengajak berpolitik dengan cara yang santun. Menghargai dan menghormati orang lain, tidak gontok-gontokan dan saling memfitnah dan menyebar berita hoax. Mari memperbaiki diri mulai dari diri sendiri dengan tidak menghujat dan menjelekkan orang lain,” ajaknya.

Dia juga mengajak masyarakat dan tokoh politik untuk menyuarakan kebenaran dan realita yang ada. Selain itu juga memecahkan permasalahan dengan solusi yang tepat. Firdaus ingin mengisi sisa hidupnya dengan hal yang bermanfaat untuk orang lain. “Maka dari embrio kecil ini kami ingin memberikan pemahaman berpolitik yang santun. Bagaimanapun juga yang kurang baik nanti akan terseleksi alam dan muncul bibit baru yang berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” paparnya. 

 

firdaus paressa
Keluarga Ir Firdaus Paressa SH MH


Profil  
Ir Firdaus Paressa SH MH

Pengalaman Organisasi

  1. Ketua PAC Golkar Kec Tamalanrea-Biringkanaya  (1999-2007)
  2. Direktur Masyarakat Transparasi Sulawesi Selatan (Matrass)
  3. Direktur LBH Pilar Nusantara Sulawesi Selatan
  4. Direktur Masyarakat Pemerhati Jasa Konstruksi  Indonesia DPW  Sulsel
  5. Ketua Biro Hukum Ahli Tenaga Teknik Sipil Indonesia 
  6. Ketua Biro Hukum Aspikido Sulsel
  7. Ketua Biro Hukum Asosiasi Jasa Konstruksi  Indonesia DPW Sulsel
  8. Ketua Pembina Aliansi Masyarakat Sipil Anti  Korupsi Indonesia Sulselbar
  9. Ketua Pembina Garda Muda Berkarya DPW Sulsel
  10. Ketua LBH Partai Berkarya DPW Sulsel

Keluarga

              - Istri: Ir. Charnia Iradat Rapa’ MT  

              - Anak :  1. dr.Finy Raynelda Paressa, Sp(OG),M.Kes       

                            2. Regina Larasmitha Paressa, SH.

                            3. Randy Ariestha Paressa, ST,MT

                            4. Melky Toding Pongkessu , S.ST, Mars



loading...