Fathahuddin Lewa dan Cinta untuk Pallangga-Barombong Gowa

* Kenal caleg PPP DPRD Gowa dapil Barombong - Pallangga

Fathahuddin Lewa dan Cinta untuk Pallangga-Barombong Gowa
Header foto mengenal caleg Fathahuddin Lewa. (KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)

KABAR.NEWS, Gowa - Persaingan menuju DPRD Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada Pemilu 2024 menyajikan pertarungan menarik. Beragam strategi diterapkan, begitu juga gagasan yang ditawarkan.


Satu di antara ratusan caleg DPRD Gowa pemilu kali ini adalah Fathahuddin Daeng Lewa. Ia caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) nomor urut 8 di daerah pemilihan atau Dapil 7 yang melingkup Kecamatan Pallangga dan Barombong.


Fathahuddin Lewa bukan nama baru dalam lanskap politik Gowa. Di kalangan anak muda, sosoknya dikenal sebagai pemimpin dengan sederet pengalaman. Saat ini Ia merupakan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Gowa.


Tiga tahun sebelumnya hingga hari ini, Fathahuddin dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Gowa. Sejumlah organisasi ini cukup menjadi bekal Fatahuddin mengawal aspirasi rakyat di parlemen.

Fathahuddin juga dikenal sebagai kader atau didikan langsung Ketua Fraksi PPP DPR RI, Amir Uskara. Selama dua periode di Senayan, Fathahuddin selalu mendampingi Amir Uskara dalam setiap lawatannya di Kabupaten Gowa.


Sebagai caleg, Fathahuddin Lewa tidak punya banyak janji untuk masyarakat Pallangga maupun Barombong. Ia hanya ingin pembangunan pada dua kecamatan tersebut lebih ditingkatkan seperti kecamatan lain di Gowa.


"Pallangga dan Barombong adalah penyangga utama pusat pemerintahan dan ekonomi Gowa di Somba Opu. Sayangnya, pembangunan pada dua kecamatan ini belum merata, baik di sektor pertanian maupun dari aspek infrastruktur," ujar Fathahuddin kepada KABAR.NEWS, Selasa (6/2/2024).


Fathahuddin menyebut, sektor pertanian sawah di Kecamatan Pallangga menjadi prioritas untuk disuarakan di parlemen. Ia menilai masih banyak petani padi kesulitan pupuk begitu juga akses terhadap permodalan dan irigasi.


"Padahal, Pallangga ini kecamatan yang paling luas lahan pertanian sawahnya. Ada 2 ribu hektare lebih menurut BPS. Tapi lahan yang dialiri irigasi masih jauh di bawah kecamatan lain. Begitu juga di Barombong," beber Fathahuddin Lewa.


Selain ingin memperjuangkan kemaslahatan petani, Fathahuddin Lewa juga ingin agar pemerintah lebih memperhatikan akses perbaikan jalan. Menurutnya, jalan yang bagus merupakan salah satu penopang pertumbuhan ekonomi.


Fathahuddin Lewa mengutip data BPS bahwa jalan rusak di Gowa pada tahun 2022 tercatat sepanjang 365 km lebih. Kondisi ini ditegaskan harus menjadi perhatian bersama.


"Masalah jalan rusak ini merupakan problem umum di Kabupaten Gowa. Masalah ini akan kita suarakan di parlemen, terlepas kita nantinya berasal dari dapil mana," tegas Fathahuddin Lewa yang juga Wakil Ketua DPC PPP Gowa Bidang Data dan Digital.


Dalam aspek pembangunan manusia, Fathahuddin Lewa akan memperjuangkan anggaran untuk insentif guru mengaji dan juga imam masjid. Dua profesi tersebut dianggap berperan penting membangun ummat.


"PPP punya kepentingan atas tumbuhnya generasi beriman dan berilmu. Dengan begitu guru mengaji dan imam masjid harus diperjuangkan kesejahteraannya dengan insentif setiap bulan. Kedua profesi ini tidak boleh dilupakan," tutur Fathahuddin.


Cinta Untuk Pallangga - Barombong

Pemilu 2024 merupakan momen kedua Fathahuddin Lewa untuk duduk di DPRD Gowa. Lima tahun lalu, Ia berjuang sebagai caleg PPP namun belum terpilih.

Kegagalan itu menjadi pembelajaran penting bagi Fathahuddin bertarung di Pemilu 2024 ini. Ia berharap pada 14 Februari nanti, masyarakat Pallangga dan Barombong memilihnya sebagai wakil di DPRD Gowa.


Meski bersaing dengan sejumlah caleg petahana dan sejumlah nama besar, Fathahuddin optimis dapat meraih dukungan masyarakat Pallangga dan Barombong. Ia yakin bisa mengemban amanah suara rakyat dari dapil tersebut.


"Saya pastikan suara masyarakat Pallangga dan Barombong akan berguna, akan memiliki daya juang hingga lima tahun ke depan. Kesempatan kedua ini saya harap bisa mewakili warga Barombong maupun Palangga yang saya cintai," harap Fathahuddin.


Cinta Fathahuddin kepada masyarakat Barombong dan Pallangga telah dibuktikan selama masa kampanye yang tersisa 7 hari lagi terhitung Rabu (7/2/2023). Ia telah menggelar berbagai kegiatan salah satunya adalah "Pasar Murah Silewai".


Di Pasar Murah Silewai, Fathahuddin memfasilitasi masyarakat Pallangga dan Barombong dengan sembako murah saat harga kebutuhan pokok melambung tinggi.


"Dan masih banyak yang akan saya siapkan dan cita-citakan untuk masyarakat Barombong dan Pallangga. Bukan cuma sembako murah, anak-anak kita yang kesulitan bersekolah pasti diperjuangkan, para pemuda harus diberdayakan potensinya, guru mengaji dan imam masjid harus diangkat derajatnya," kata Lewa.


"Jangan pernah kita jual suara ta' untuk kepentingan sesaat. Saya percaya masyarakat Barombong dan Pallangga tidak seperti itu. Saya yakin, silewaki untuk lima tahun yang akan datang," pungkas Fathahuddin Dg Lewa.

Sekadar diketahui, Dapil Barombong dan Pallangga memiliki 10 kursi di DPRD Gowa. Fathahuddin Dg Lewa merupakan salah satu figur yang berpeluang mengisi satu dari 10 kursi tersebut.