Fasilitasi Akademi PSM, Taufan Pawe Dipuji Warga Barru Majukan Sepak Bola

- Dinilai komitmen majukan sepak bola

Fasilitasi Akademi PSM, Taufan Pawe Dipuji Warga Barru Majukan Sepak Bola
Wali Kota Parepare Taufan Pawe menyampaikan arahan pada seleksi terbuka Akademi PSM Makassar di Lapangan Andi Makkasau, Parepare. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Parepare - Akademi PSM Makassar menggelar seleksi pemain di Lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Seleksi dilakukan untuk persiapan kompetisi Mola Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 dan U-18 musim 2022.


Seleksi di Parepare dimulai pada Selasa (21/6/2022) kemarin. Pencarian pemain Akademi PSM juga menandakan Lapangan Alun-alun Andi Makkasau kembali dibuka setelah dilakukan perawatan rumput. 


Rumput yang dipakai untuk Lapangan Andi Makassau ini menggunakan jenis Zoysia Matrella atau rumput manila. Sama persis digunakan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.


Kebijakan Pemkot Parepare membuka Lapangan Andi Makkasau untuk seleksi Akademi PSM diapresiasi orang tua peserta dari Kabupaten Barru bernama Nasir. Dia menilai Wali Kota Pareare Taufan Pawe satu-satunya kepala daerah di Sulsel yang serius memperhatikan kemajuan sepak bola.


"Kita sebagai pecinta sepak bola Sulsel harus berikan apresiasiasi kepada bapak Taufan Pawe. Saat ini hanya beliau sebagai kepala daerah yang peduli sepak bola," kata Nasir.


Nasir menjelaskan, kepedulian Taufan Pawe telah terbukti. Saat PSM Makassar kehilangan home base, Pemkot Parepare bersedia menyiapkan markas untuk Pasukan Ramang. Stadion Gelora BJ Habibie kini mengikuti verifikasi Liga I Indonesia.


"Kita sebagai suporter PSM Makassar akan kembali menyaksikan langsung PSM bertanding. Khusus kita di wilayah Ajatappareng dan sekitarnya lebih dekat lagi. Dengan upaya serius bapak TP, saya yakin GBH lolos verifikasi," jelasnya.


Sementara salah satu peserta seleksi, Muhammad Afif memberikan pujian atas Lapangan Andi Makkassau. Remaja asal Kota Palopo ini menilai, Lapangan Andi Makkasau terbaik dari lapangan yang pernah ia rasakan. 


Tak hanya itu, Afif turut memberikan apresiasi terhadap fasilitas pendukung Lapangan Andi Makkasau.


"Sejauh saya bermain, lapangan ini yang paling bagus. Toilet di sini juga bersih tidak bau. Saya lihat ada juga tenaga medis. Terima kasih pemerintah Kota Parepare atas fasilitasnya," kata Afif.


Asisten Pelatih Akademi PSM Makassar, Indra Yulianto Takaya mengapresiasi komitmen Taufan Pawe dalam memajukan sepak bola di Sulsel. Dirinya meminta dukungan seluruh pihak. Mengingat, peran pemerintah dalam memajukan sepak bola sangat penting.


"Sepak bola dan pemerintah bagaikan satu kesatuan yang tidak bisa berpisah," katanya.


Dirinya meyakini, jika sarana dan prasarana sepak bola terpenuhi sesuai standar, prestasi dalam dunia sepak bola akan selalu hadir. Pasalnya, kemampuan para pemain akan berkembang menjadi lebih baik.


"Pasti akan menjadi motivasi bagi atlet, pelatih dan pendukung lainnya untuk berprestasi. Intinya tanpa pemerintah, sepak bola kita susah untuk berkembang, karena pemerintah yang mempunyai kewenangan dan kapasitas lebih," pungkasnya.


Penulis: Arsyad/C