Fasilitas Tak Ada, Pertina bikin Ring Tinju berbahan Bambu di Porprov Sulsel

* Bentuk protes kepada panitia Porprov Sulsel

Fasilitas Tak Ada, Pertina bikin Ring Tinju berbahan Bambu di Porprov Sulsel
Pengurus Pertina Sulsel membuat ring tinju berbahan Bambu sebagai bentuk protes minimnya fasilitas pertandingan cabang olahraga Tinju untuk Porprov Sulsel di Lapangan Sinjai Bersatu. (IST)

KABAR.NEWS, Sinjai - Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat ring tinju dari batang bambu yang akan digunakan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII di Kabupaten Sinjai, 22-30 Oktober 2022. Senin (17/10/2022).


Hal itu terpaksa dilakukan karena fasilitas atau venue dari panitia Porprov Sulsel belum mengadakan ring cabang olahraga tinju. Sementara waktu semakin mendekati pembukaan Porprov ke 17 Sulsel di Sinjai.


Ring tinju tersebut terletak di area terbuka tepatnya di Lapangan Sinjai Bersatu, Jalan Tondong, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.


"Sampai pukul 12.30 waktu Sinjai venue tinju belum dibenahi. Daripada saya menunggu sesuatu yang tidak pasti, mending saya loading ring dari batang bambu," kata Sekum Pertina Sulsel, Sri Syahril kepada wartawan, Senin (17/10/2022).


Mereka menegaskan bahwa Pertina Sulsel akan membuat ring tinju dari bambu dengan sandaran dari bantal tidur di empat sudut (blue, red and white - netral) dengan tali rapia.


"Saya akan buktikan ke dunia bahwa KONI Sulsel tidak serius sebagai penyelenggara PORPROV XVII Sulsel 2022 dengan alasan anggaran terbatas," katanya.


Mereka juga sudah mencoba dengan penerangan obor ring tinju tersebut. Mereka berharap agar tidak disalahkan jika melakukan hal itu. Hal itu dilakukan sesuai arahan pengurus KONI.


"Terima kasih bapak dan ibu atas ketidakpeduliannya terhadap olahraga di Sulsel. Mari kita menyongsong target posisi 5 Besar di PON Sumut - Aceh," kata Sri Syahril dengan nada kecewa.


Pada Porprov kali ini, Kabupaten Sinjai dan Bulukumba menjadi tuan rumah bersama. 21 Cabang Olahraga (Cabor) dipertandingkan di Kabupaten Sinjai dan 13 cabang olahraga di Kabupaten Bulukumba.


Pada akhir pekan kemarin, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menerangkan bahwa persiapan Porprov Sinjai sebagai tuan rumah sudah 90 persen.


Ia mengaku arena yang akan digunakan untuk pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Sulsel di Kabupaten Sinjai sudah siap digunakan.


“Dari beberapa venue, saya lihat sudah cukup bagus dan kita lihat sudah dalam proses finishing. Secara garis besar, pemerintah daerah beserta Dispora dan KONI Sinjai sudah siap melaksanakan Porprov sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan oleh KONI Sulsel,” katanya.


Porprov kali ini, Kabupaten Sinjai dan Bulukumba menyiapkan venue arena pertandingan. Sedang teknis pelaksanaan pertandingan merupakan wewenang KONI Sulsel dan panitia Porprov Sulsel.


Penulis: Syarif/B