Entry Meeting, Plt Gubernur Minta OPD Sajikan LKPD ke BPK

BPK RI melakukan penjabaran LKPD Pemprov Sulsel.

Entry Meeting, Plt Gubernur Minta OPD Sajikan LKPD ke BPK
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (tengah). (Foto: Istimewa)












KABAR.NEWS, Makassar - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Entry Meeting Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (1/4/2021). Dalam kegiatan itu, Plt Gubernur meminta arahan dari BPK RI terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulsel. 

Andi Sudirman meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel untuk bekerja sama dengan memberikan data yang dibutuhkan oleh BPK RI.

"Seluruh dokumen yang dibutuhkan oleh pemeriksa harus disajikan dengan gamblang kepada pemeriksa, baik data-data berupa bukti maupun dalam bentuk rekap sesuai format yang dibutuhkan oleh BPK, baik melalui BKAD maupun Inspektorat," ujarnya melalui keterangan tertulisnya kepada KABAR.NEWS.

Menurutnya, keterbukaan dan transparansi dalam memberikan data, melengkapi data, memberikan data yang diminta, serta menjawab persoalan-persoalan yang ada sangat penting. Sehingga, rekomendasi yang diberikan adalah sesuai dengan diagnosa yang ada.

Dalam kesempatan itu, Andi Sudirman juga meminta kepada BPK untuk melakukan pengawalan terhadap laporan keuangan pemerintah secara terperinci, dan menunjukkan hal-hal yang perlu diperbaiki agar proses pemeriksaan keuangan bisa berkualitas dan sesuai dengan aturan.

"Makanya, dari kita meminta pada entry meeting ini adalah poinnya side by side. Selalu saya sampaikan bahwa kita harus selalu berdampingan. Antara tim yang memeriksa dan tim yang diperiksa. Syarat berdampingan itu saling trust (percaya)," ucapnya.