Skip to main content

Dukungan Xi Jinping untuk Kim Jong-Un Temui Donald Trump

China
Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden AS, Donald Trump.(INT)


KABAR.NEWS - Rencana pertemuan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mendapat dukungan dari Presiden China Xi Jinping. 


Dilansir kantor berita China, Xinhua, Xi Jinping berharap pertemuan antara Kim Jong-un dengan Donald Trump bisa saling menerima satu sama lain. 


Baca Juga:


Xi juga menegaskan bahwa Cina mendukung Korea Utara dan AS "mengadakan pertemuan dan mencapai hasil, serta mendukung kedua pihak terkait menyelesaikan kerisauan masing-masing melalui dialog".


China, tambah Xi, siap memainkan "peranan positif dan konstruktif" dalam mempertahankan perdamaian serta mencapai denuklirisasi di Semenanjung Korea.


Dalam kunjungan selama tiga hari ke China yang merupakan sekutu utama sekaligus mitra dagang penting bagi Korut. Kim juga mengunjungi pabrik farmasi yang khusus memproduksi obat-obatan China.


Ini adalah kunjungan resmi kedua Kim ke China setelah tahun lalu. Perjalanan tersebut diyakini berlangsung bertepatan dengan ulang tahun Kim ke-35.


Saat keduanya bertemu, Xi menerima tawaran Kim untuk menyambangi Korut. Namun belum jelas kapan kunjungan ini dilaksanakan.