Dua Tahun Berlalu, Ayah Legislator Takalar Tersangka Curnak Belum Dipenjara

*Polres Takalar punya banyak alasan

Dua Tahun Berlalu, Ayah Legislator Takalar Tersangka Curnak Belum Dipenjara
Ilustrasi tersangka. (Pexels/kendel media)






KABAR.NEWS, Makassar - Tambaru Daeng Lau Bin Daeng Nanang selaku tersangka pencurian hewan ternak (Curnak) di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, ternyata belum ditahan meski ia menyandang status tersebut sejak pertengahan 2019 atau dua tahun lalu.


Pria 76 tahun tersebut merupakan orang tua dari Wakil Ketua DPRD Takalar, Muh. Jabir Bonto yang juga terdakwa pengrusakan hutan lindung. Tambaru belum meringkuk di sel tahanan karena berbagai alasan, salah satunya pernah dirawat di rumah sakit.


Kasat Reskrim Polres Takalar AKP Hardjoko mengatakan perkara ini masih bergulir dan dalam waktu dekat akan dilimpahkan ke kejaksaan atau tahap dua. 


"Benar. Kasus ini sudah pernah P-21 tapi dikembalikan jaksa karena tersangka tidak ada. Jadi, dalam waktu dekat kami segera limpahkan kembali dengan menyerahkan tersangka dan barang bukti," kata Hardjoko dalam keterangan tertulis, Rabu (26/1/2022). 

Saat ditanya terkait Tambaru belum ditahan hingga dua tahun lamanya setelah ditangkap, Hardjoko mengaku tak tahu hal tersebut. Sebab, ia baru menjabat. Dia ia tekankan, Tambaru sudah pernah ditahan. Tapi karena sakit, polisi menjadikan statusnya sebagai tahanan kota. 


"Saya baru enam bulan menjabat. Ini kasus lama. Tapi, kasus ini masih tanggungjawab dari kepolisian. Belum kejaksaan," ungkap Hardjoko. 


Diketahui, Tambaru diduga terlibat pencurian kerbau milik seseorang bernama Baktiar, di Kecamatan Polongbangkeng Utara, pada 27 Agustus 2018. Butuh waktu lama bagi Polres Takalar untuk mengamankan Tambaru sehingga ditetapkan sebagai buronan.


Demi menangkap Tambaru, polisi menurunkan Tim Khusus (Timsus) dari Polda Sulsel. Hasilnya, Tambaru ditangkap di jalan poros Gowa-Takalar, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Selasa 16 Juli 2019. Kala itu, Tambaru sedang asyik makan siang di warung. 


Pasca penangkapan dan keluar dari rumah sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar, ternyata Tambaru tak kunjung ditahan. Dia langsung bebas berkeliaran hingga saat ini.