Dua Pemuda Retas WhatsApp Kapolsek di Sidrap untuk Penipuan

Akun diretas digunakan untuk melakukan penipuan.

Dua Pemuda Retas WhatsApp Kapolsek di Sidrap untuk Penipuan
Polres Sidrap menangkap dua pemuda pembobol akun WhatsApp Kapolsek Duapitue. (Foto: Polres Sidrap)






KABAR.NEWS, Sidrap - Kepolisian Resor (Polres) Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), menciduk dua orang pemuda meretas akun WhatsApp seorang perwira polisi berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). Dua pemuda yakni Irwan (25) dan Muh. Kifli Makmur (18) itu meretas akun WhatsApp milik Kapolsek Duapitue, AKP Andi Mapparihul guna melakukan penipuan.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resort Sidrap, Ajun Komisaris Benny Pornika mengatakan kedua pria tersebut ditangkap di tempat persembunyiannya di komplek Pelabuhan Tanjung Ringgit, Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, pada Senin (25/1/2021).

"Mereka meratas akun WhatsApp korban, lalu dipakai untuk melakukan penipuan dengan menghubungi teman-teman korban, dan meminta uang maupun pulsa," kata Benny saat dikonfirmasi KABAR.NEWS, Selasa (26/1/2021).

Benny mengaku bermula saat kedua pelaku menghubungi korban melalui media sosial Facebook dengan akun bernama Anas Tasyai.

"Di situ pelaku mengarahkan korban untuk melanjutkan chattingan di WhatsApp, tapi pelaku meminta kode One Time Password (OTP). Akhirnya korban memberikan kode OTP itu, dan akun WhatsApp-nya langsung keluar, tidak bisa digunakan," jelas mantan Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar itu.

Benny mengungkapkan korban baru menyadari bahwa akun WhatsApp pribadinya diretas ketika sudah banyak kerabat dan rekannya memberitahu. "Banyak yang bertanya kerabat dan rekan-rekan korban, menyampaikan kenapa mau pinjam uang," tutur Benny.

Dari hasil pendalaman polisi, korban atas aksi penipuan yang dilakukan pelaku ini sudah banyak. Serta dari tangan keduanya polisi mengamankan tiga buah handphone, serta satu buah ATM yang diduga dipakainya saat beraksi.

Penulis: Reza Rivaldy/A