Skip to main content

Dua Calon Jemaah Haji Embarkasi Makassar Batal ke Tanah Suci

ibadah haji
Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Sulsel, Masykur saat melepas CJH Kloter 13 Makassa, Selasa (16/7/2019). (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Dua calon jemaah haji (CJH) kloter 13 embarkasi Makassar batal atau tak bisa diterbangkan ke Mekkah, Arab Saudi, pada Selasa (16/7/2019). Salah satu di antaranya karena sedang hamil.

 

Menurut data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Makassar, CJH yang bisa berangkat tersebut bernama Mochtar Hasanuddin, karena sedang sakit di daerah dan Asmawati Lamma La Maddi dinyatakan tidak layak terbang sebab sedang mengandung atau hamil.

 

Sedianya, kedua jemaah tersebut akan bertolak ke Tanah Suci bersama 448 CJH lainnya melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Namun, karena alasan tersebut PPIH urung memberangkatkan keduanya. 

 

Kloter 13 CJH embarkasi Makassar dilepas Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, Masykur. Dia mengatakan perjalanan ibadah haji merupakan perjalanan suci.

 

"Maka bilamana masih ada yang bisa merusak kesucian segera dibuang, apalagi yang terkait perbuatan musrik, seperti benda - benda yang diyakini dapat menolong dan membantu, tolong setelah ini dibuang," ujar Masykur, di Asrama Haji Sudiang Makassar.

 

Hingga kloter 13, PPIH telah memberangkatkan CJH sebanyak 5.835, dan didampingi petugas haji berjumlah 65 orang.

 

loading...