Skip to main content

Drainase Disumbat Karung Pasir, Danny Pomanto: Angkat dan Foto

drainase
Pihak Satgas menemukan pasir yang sengaja dikemas ke dalam karung, kemudian disumbatkan ke dalam saluran drainase. (KABAR.NEWS/Andi Frandy)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Di tengah upaya Pemerintah Kota Makassar untuk terbebas dari banjir, rupanya terdapat oknum tak bertanggung jawab yang sengaja menghalangi. Seperti kejadian yang baru saja ditemui di wilayah Kecamatan Ujungpandang.

 

Dimana, pihak Satgas menemukan pasir yang sengaja dikemas ke dalam karung, kemudian disumbatkan ke dalam saluran drainase. Dampaknya cukup fatal, banjir di sekitar lokasi tidak terelakkan.

 

Kejadian tersebut tentu menimbulkan dugaan adanya politisasi. Mengingat, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto beberapa waktu belakangan ini sering dihantam isu miring dalam mengatasi banjir. Terlebih Danny Pomanto kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Makassar.

 

Camat Ujung Pandang, Zulkifli Nanda menuturkan, temuan pasir dalam karung yang menyumbat drainase di wilayahnya mencerminkan sikap yang tidak pro terhadap program pemerintah, dibawah kepemimpinan Danny Pomanto.

"Kita heran, beberapa waktu belakangan ini sering terjadi genangan di Jalan Gunung Nona, padahal dulu - dulu itu tidak pernah, tadi malam pas hujan juga sempat air dari drainase meluap, jadi kita bertanya ada apa," ujar Zulkifli kepada KABAR.NEWS, Sabtu (13/1/2018).

Atas kecurigaan itu, Camat Ujung Pandang bersama rombongan Satgas akhirnya berinisiatif melakukan kerja bakti di saluran drainase. Di tengah upaya tersebut, mereka kemudian dikagetkan dengan adanya temuan karung di bawah plat pembatas jalan.

 

"Jika dilihat fakta yang ada, kemungkinan besar ada oknum yang sengaja menaruh karung tersebut untuk menyumbat air, yang dampaknya tentu banjir di wilayah itu. Lumayan banyak. Kurang lebih 4 karung besar. Saya sudah imbau seluruh Lurah untuk terjun langsung melakukan pengecekan di wilayahnya masing - masing, siapa tahu ada kejadian serupa," jelasnya.

 

Terlepas dari adanya oknum yang sengaja melakukan perbuatan itu, kata Zulkifli, tidak jadi persoalan. Namun, pihaknya tetap fokus melakukan antisipasi. "Kalau ada ya kita angkat saja,"tutupnya

 

Terpisah, Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, kejadian seperti ini sudah terjadi berulang kali, terutama di musim hujan. Menurutnya oknum semacam itu, adalah tipikal orang yang tidak mau bersaing secara sehat.

 

"Saya tidak mau menuduh siapapun, cuma menurut saya kalau cara berfitnah seperti itu sangat tidak elegant dan membuat kemarahan warga. Saya harap semua kecamatan lakukan pemeriksaan, kalau ada langsung diangkat, dan difoto sebagai laporan ke masyarakat agar mereka tahu kondisinya seperti ini, masyarakat sudah cerdas," ujarnya.

 

  • Andi Frandy