DPRD Makassar Gandeng Unhas Hasilkan Perda Berkualitas

DPRD Makassar butuh masukan pakar Unhas

DPRD Makassar Gandeng Unhas Hasilkan Perda Berkualitas
Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo (keempat kanan) dan Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuh (kedua kiri) memperlihatkan dokumen MoU di Baruga Baharuddin Lopa Kampus Unhas, Tamalanrea, Rabu (10/2/2021). (Foto: Unhas)






KABAR.NEWS, Makassar - DPRD Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan Universitas Hasanuddin (Unhas) menjalin kerja sama pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi. Kerja sama ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang diteken oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu dan Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo.


Penandatanganan MoU berlangsung secara luring terbatas dengan menerapkan protokol Covid-19 secara ketat di Baruga Baharuddin Lopa, Fakultas Hukum Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu (10/2/2021). 


Rudianto mengapresiasi keterbukaan Unhas untuk menjalin kerja sama dengan DPRD Makassar, khususnya mengenai penyusunan peraturan daerah (Perda) sebagai lembaga legislasi. Legislator NasDem ini mengaku pihaknya butuh saran dan masukan dalam penyusunan prodak hukum.


"Kami banyak menyusun dan membuat peraturan daerah. Namun, kami sadar betul bahwa selama ini harusnya ketika menyusun satu produk hukum, tentu harus minta ke lembaganya, bukan masing-masing pribadinya. Saya berkeinginan agar DPRD diberikan masukan dan saran karena kami banyak membuat perda," kata Rudianto dalam keterangan tertulis.


Rudi sapaan Rudianto Lallo meyakini bahwa pelibatan Unhas akan menghasilkan rancangan Perda yang berkualitas karena disesuaikan dengan penelitian dan permasalahan masyarakat. 


Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Hukum (FH) Unhas Prof. Dr. Farida Patittingi menuturkan kerja sama ini tentu menjadi langkah strategis untuk saling mendukung. 


Dia mengklaim Unhas memiliki pakar yang dapat membantu pemerintah menjalankan program kerja yang diharapkan dapat memberi dampak positif kepada maayarakat. 


Sementara Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, juga menyambut baik kerja sama ini. Dengan kemitraan ini, ada harapan besar yang dapat memberikan keuntungan pada kedua pihak.


"Ini menjadi awal yang baik, dimana Unhas akan ikut mendukung DPRD yang lebih bermartabat dan berwibawa melalui produk hukum yang dihasilkan. Makassar sebagai etalase atau penghubung harus bisa menampilkan wajah sebaik-baiknya dan untuk itu diperlukan dukungan regulasi yang baik pula," jelas Dwia.


Bersamaan dengan MoU ini, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara DPRD Makassar dengan Fakultas Hukum sebagai bagian dari rangka Dies Natalis ke-69 FH.


Penulis: Rahma Amin/B