DPRD dan Pemkot Parepare Sepakati KUA PPAS Perubahan 2022

* Selanjutnya pembahasan RKA setiap OPD

DPRD dan Pemkot Parepare Sepakati KUA PPAS Perubahan 2022
Rapat paripurna KUA PPAS Perubahan di DPRD Kota Parepare. (IST)






KABAR.NEWS, Parepare - DPRD Kota Parepare, Sulawesi Selatan, bersama pemerintah setempat menyekapati Kebijakan Umum Perubahan (KUA) APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan tahun 2022.


Kesepakatan tersebut dibahas dalam rapat paripurna penandatanganan nota kesepakatan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Parepare, Rahmat Syamsu Alam, di ruang rapat DPRD Kota Parepare, Senin kemarin.


Paripurna ini dihadiri Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim, Sekretaris Daerah Kota Parepare, Sejumlah kepala SKPD, Camat dan Lurah lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Parepare.


Taufan Pawe mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada DPRD Kota Parepare karena telah meluangkan waktunya hingga tahap akhir pembahasan KUA PPAS tahun 2022. "Pada setiap pembahasan tentu menyita waktu  dan perhatian yang optimal," ucap Taufan.


Dengan adanya kesepakatan tersebut, Taufan menggambarkan pentingnya penyamaan persepsi tentang prioritas pembangunan. Ia pun berharap apa yang disepakati tersebut merupakan hasil yang terbaik sehingga akan menjadi salah satu persembahan terbaik bagi masyarakat Kota Parepare.


Pelaksanaan program kegiatan yang dialokasikan dalam KUA-PPAS perubahan APBD ini, kata Taufan Pawe, merupakan tugas pemerintah daerah, dimana pelaksanaannya membutuhkan dukungan DPRD Kota Parepare.


"Seluruh catatan, hingga saran dari Badan Anggaran DPRD Kota Parepare akan dicatat dan diterima oleh Pemerintah Kota Parepare yang selanjutnya akan menjadi materi dalam penyusunan Rancangan Perubahan APBD tahun anggaran 2022," kata Taufan.


Dengan ditandatanganinya nota kesepakatan tersebut, lanjut Taufan maka Pemkot Parepare akan segera menyusun Rencana Kerja dan Perubahan Anggaran atau RKPA dari masing masing SKPD dengan berpedoman pada pagu dan plafon anggaran sementara yang telah disepakati.


"Berdasarkan RKPA tersebut, maka Pemkot Parepare akan menyusun dan menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan APBD Kota Parepare tahun anggaran 2022," kata Taufan.


"Kepada setiap kepala SKPD agar segera menindaklanjuti KUA PPAS Perubahan yang kita sepakati ini untuk menyusun rancangan kerja perubahan sehingga secepatnya disampaikan kepada DPRD Kota Parepare," tandasnya.


Penulis: Arsyad/C