DPK KNPI Gowa Kirim Ribuan Bibit Porang ke Selayar

- Majukan sektor pertanian

DPK KNPI Gowa Kirim Ribuan Bibit Porang ke Selayar
Ketua DPK KNPI Manuju Kabupaten Gowa Muh. Fajar (kanan) berfoto bersama dengan Staf Ahli Bupati Selaya, Andi Nur Haliq (kiri) usai menandatangani kerja sama pengiriman ribuan bibit porang ke Selayar. (IST)






KABAR.NEWS, Gowa - Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI Kabupaten Gowa melakukan pengiriman perdana bibit Porang jenis black konjac ke Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.


Pengiriman perdana ini digelar di sebuah kafe di Kota Makassar pada Kamis (31/12/2020) dan diterima langsung oleh Staf Ahli Bupati Selayar Bidang Ekonomi dan Keuangan, Andi Nur Haliq.


Ketua DPK KNPI Manuju Gowa, Muh. Fajar mengatakan, bibit dan umbi pucuk porang ini merupakan hasil olah pertanian yang dilakukan langsung oleh koleganya sesama pengurus DPK KNPI Gowa sebagai komitmen mendongkrak ekonomi sektor pertanian. (Lihat juga: Kebun Porang Binaan Syahar Jadi Objek Studi Pemkab Tanah Bumbu)


"Dalam pengiriman perdana ini, jumlah bibit porang yang kita kirim sebanyak 2.500 pohon dan 1,5 ton umbi puncuk berakar ke Selayar. Ini murni porang yang dikelola langsung oleh kami DPK KNPI Gowa," kata Fajar dalam keterangan tertulisnya.


Fajar menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pemuda harus menjadi pemberi solusi bagi masyarakat dan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di sektor pertanian baik, di Gowa maupun ke beberapa daerah di Sulsel.


Senada dengan Fajar, Pengurus DPD KNPI Gowa, Maslim, mengatakan pengiriman bibit tanaman Porang ke Selayar diharap dapat mengembangkan pertanian jenis tanaman ini di daerah berjuluk Tanadoang.


"Kami mengajak pemuda di Kabupaten Gowa untuk bersama sama turut andil dalam peningkatan ekonomi masyarakat di sektor pertanian," kata Maslim. (Lihat juga: Setahun Arham Pimpin KNPI Sulsel: Berbagi Manfaat, Berdayakan Pemuda)


Sementara, Staf Ahli Bupati Selayar Bidang Ekonomi dan Keuangan Andi Nur Haliq berpendapat masyarakat membutuhkan pangan untuk keberlangsungan hidup akibat pagebluk Corona yang menggerus sektor ekonomi secara umum.


Maka dari itu, Haliq berharap kehadiran bibit Porang jenis black konjac di Selayar dapat dikembangkan masyarakat setempat demi meningkatkan pendapatan ekonomi.


"Kita berharap masyarakat dapat tertarik dan mengembangkan porang sebagai bahan baru di bidang pertanian yang menjanjikan ke depan," tandas Nur Haliq.