Dosen Unismuh Makassar Jadi Penguji Promosi Terbuka Program Doktor di IPB

Prodi Teknologi Industri Pertanian IPB

Dosen Unismuh Makassar Jadi Penguji Promosi Terbuka Program Doktor di IPB
Dr Sutardjo Tui






KABAR.NEWS, MAKASSAR - Menjadi penguji promosi terbuka untuk program doktor (S3) di Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) bukanlah hal yang mudah, apalagi IPB masuk sebagai peringkat rangking pertama perguruan tinggi terbaik versi Kemendikbud RI pada tahun 2020.


Civitas akademika Unismuh Makassar patut berbangga, salah seorang Dosen Tetap Yayasan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar, Dr Sutardjo Tui menjadi penguji sidang promosi terbuka program doktor (S3) Sekolah Pascasarjana (IPB) yang berlangsung pada Kamis 4 Februari 2021 secara daring. 

Ia mengatakan promosi terbuka program doktor tersebut atas nama Aceng Kurniawan dari Prodi Teknologi Industri Pertanian.

"Yang diuji dalam promosi Doktor tersebut adalah mahasiswa atas nama Aceng Kurniawan judul disertasi Strategi Peningkatan Profitabilitas dan Keberlanjutan Industri Penyamak Kulit dengan Struktur Modal Tanpa Bunga" ujar Sutardjo, Sabtu (20/2/2021).

Dosen sekaligus pengamat ekonomi Unismuh itu merasa bangga dengan kesempatannya menjadi penguji dikampus terbaik. Kata dia, meskipun sebagai dosen yang berada diluar Jawa tapi ditunjuk tim penguji di program doktor (S3.

"Saya bahagia bercampur bangga karena bisa menguji promosi doktor pada perguruan tinggi rangking satu di Indonesia versi mendikbud tahun 2020, karena mana mungkin seorang dosen perguruan tinggi swasta luar pulau jawa bisa menguji promosi doktor di IPB Bogor," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ia merasa bersyukur karena tidak ada yang tidak mungkin di dalam kehidupan jika Tuhan sudah berkehendak. "Tapi Tuhan berkehendak lain, bagi Tuhan Yang Maha Kuasa tidak ada yang tidak mungkin," ucapnya.

Diketahui, Komisi Utama Promosi terdiri dari Ketua, Prof Dr Ir Sukardi, Anggota Komisi Prof Dr Ir Nastiti Siswi Indrasti, Prof Dr Ono Suparno. 

Sedangkan Anggota luar komisi yakni, Dr Ir  Ade Iskandar, dosen IPB dan Dr Sutardjo Tui, SE, M.Si, dosen Unismuh Makassar.

Sutardjo lahir di Gorontalo 1957. Selama kurang lebih 30 tahun jadi bankir di Bank BNI, dan bertugas jadi pimpinan termasuk jadi Mantan Pemimpin Bank BNI Cabang Utama Jokyakarta, Cabang Utama Ambon, Cabang Utama Parepare dan Cabang Sengkang.

Merampungkan S1 STIE YPUP Makasaar, S2 STIA LAN Makassar, S3 Manajemen PPs-UMI Makassar dengan predikat nilai Cum Loude doktor manajemen. 

Pernah menjadi wartawan dan sempat mengisi jabatan sebagai Wakil Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah DPD Sulsel dan Wakil Ketua Forum Manajemen Indonesia DPD SulSel.

Mulai jadi dosen luar biasa di Unismuh Makassar 1996 dan menjadi dosen tetap Yayasan Unismuh Makassar sejak 2019.