Doni Monardo Ungkap Ribuan Orang dari Luar Negeri Positif Corona 

Ribuan orang dari luar negeri masuk ke Indonesia mengantongi surat keterangan Covid-19.

Doni Monardo Ungkap Ribuan Orang dari Luar Negeri Positif Corona 
Ilustrasi pemeriksaan surat keterangan bebas Covid-19. (Foto: Ihwan Fajar)












KABAR.NEWS, Jakarta - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengungkapkan tingginya kasus pada awal tahun 2021 akibat adanya ribuan orang dari luar negeri masuk ke Indonesia. Ribuan orang tersebut diketahui positif meski mengantongi surat bebas Covid-19. 

Doni mengatakan data kedatangan warga negara asing dan warga negara Indonesia repatriasi sejak 28 Desember 2020 yang positif Corona sebanyak 1.214 orang. 

"Sejak 28 Desember 2020 tercatat sudah 1.214 orang positif Covid-19, baik WNI yang jumlahnya 1.092 maupun WNA 122," kata Doni saat konferensi pers Minggu (21/2/2021).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini mengungkapkan ada 10 negara dengan kasus positif terbanyak. Negara-negara tersebut meliputi Arab Saudi hingga Malaysia.Doni Monardo menekankan, mereka terpapar virus berawal dari Wuhan China itu ini memegang surat keterangan bebas Covid-19.

"Terbanyak mulai dari Arab Saudi, UEA, Turki, Malaysia, Qatar, Singapura, Jepang, Korea, Hongkong, Taiwan. Padahal, semuanya ini membawa surat keterangan bebas Covid," ungkap Doni.

Doni mengaku belum mengetahui penyebab pemegang surat keterangan bebas Covid-19 bisa terpapar saat tiba di Indonesia. Doni mengaku masih melakukan penelusuran. 

"Pertanyaannya apakah mereka ini terpapar tetapi belum terinfeksi atau terpapar selama penerbangan. Ini yang menjadi tugas kami bersama Kemenkes untuk mencari informasi lebih lanjut," ucapnya.