Skip to main content

Doni Manardo Ingin Pelatihan Mitigasi Bencana Sampai Tingkat RW

BNPB
Kepala BNPB, Doni Monardo.(INT)

 

KABAR.NEWS, Jakarta - Pasca dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo ingin adanya pelatihan mitigasi bencana hingga tingkat RW. 


Menurut mantan Danpaspampres era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini, wilayah Indonesia yang masuk dalam cincin api seharusnya masyarakat bisa memahami mitigasi bencana. 


Baca Juga:


Ia mengaku sempat bertanya kepada masyarakat Sukabumi tentang potensi bencana tsunami dan dirinya mendapatkan jawaban bahwa warga tersebut tidak mengetahui. 


"Mereka jawab tidak tahu. Kami pikir ini kewajiban BNPB dan seluruh stakeholder lain untuk lebih agresif memberikan informasi kepada masyarakat. Kalau tingkat tokoh tidak tahu, bagaimana masyarakat lainnya? Bagaimana mereka siapkan tentang keselamatan?" paparnya dikutip dari detikcom, Jumat (11/1/2019).

 

Untuk itu, BNPB akan memberikan pelatihan soal mitigasi bencana di tingkat rukun warga (RW). RW dianggap sebagai struktur masyarakat paling strategis untuk mitigasi bencana. 


"Kita harus siapkan infrastruktur dan lain-lain untuk menyadarkan bahwa kita hidup di atas cincin api. Yang sebagian gunungnya aktif. Kita ada di patahan, di tempat kita ini, patahan," pungkasnya.

 

loading...