Dominasi PSG di Liga Prancis Dipatahkan Lille

PSG hanya menduduki peringkat dua di bawah Lille.

Dominasi PSG di Liga Prancis Dipatahkan Lille
Pemain Lille merayakan gelar juara Liga Prancis. (Foto: AP Photo)






KABAR.NEWS - Dominasi Paris Saint-Germain (PSG) di Ligue 1 Prancis akhirnya berakhir. Lille menjadi tim yang berhasil menghentikan dominasi PSG hampir satu dekade. 


PSG harus puas sebagai Runner Up Ligue 1 Prancis, meski di laga terakhir berhasil meraih kemenangan 2-0 di kandang Brest. Akan tetapi, hasil tersebut tidak sanggup mengantarkan PSG memenangi gelar juara untuk kesepuluh kalinya. Lantaran di saat yang sama, Lille juga memenangi pertandingan terakhirnya di markas Angers 2-1.


Dengan demikian PSG finis kedua dengan perolehan 82 poin hasil 38 pertandingan. Pasukan besutan Mauricio Pochettino itu terpaut satu angka dari Lille resmi menjadi kampiun setelah mengoleksi 83 poin.


Ini menjadi kegagalan PSG juara liga untuk kedua kalinya dalam sembilan musim terakhir. Sebelumnya, PSG digagalkan AS Monaco yang merebut mahkota juara pada 2016/17 saat masih diperkuat Mbappe.


Di sisi lain, Lille meraih titel keempat Ligue 1 keempat dalam sejarah klub atau yang pertama sejak 2010/11 ketika dipimpin Eden Hazard.


"Tadi itu sebuah penampilan yang hebat. Luar biasa," ungkap pelatih Lille Christoph Galtier usai pertandingan di ESPN. "Saat itu adalah hari yang panjang dan berat, kami ada di bawah tekanan besar dan mengalahkan PSG di hari terakhir itu rasanya menakjubkan."


"Kreditnya untuk para pemain. Saya tidak bisa melupakan bahwa mereka mengalahkan PSG di kandangnya setelah kalah dari Nimes di kandang sendiri. Saya meyayangi skuad ini. Saya menyayangi para pemain ini," ucap dia.


Meski gagal mempertahankan gelar juara liga, PSG telah memenangi sebuah gelar mayor di musim ini. PSG mengondol trofi Coupe de France dengan kemenangan atas Monaco 2-0 di final pada pekan lalu.