Skip to main content

Dokter Spesialis Ini Beri Tips Mencegah Kulit Kering Selama Berpuasa

Dokter Spesialis Ini Beri Tips Mencegah Kulit Kering Selama Berpuasa
Ilustrasi. (Int)

KABAR.NEWS - Tidak mengkonsumsi air selama kurang lebih 12 jam saat berpuasa tentu membuat tubuh kekurangan cairan.

Hal ini menjadikan kulitmu menjadi kering karena tidak terdehidrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kamu tetap mengatur asupan yang dikonsumsi saat waktu sahur maupun berbuka puasa.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Tina Wardhani SpKK(K), sangat penting mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung banyak  mineral.

"Penting saat berpuasa itu adalah konsumsi jus buah. Karena dari jus buah yang dikonsumsi itu, cairannya bisa mencukupi kebutuhan tubuh, khususnya saat berpuasa," ujarnya dilansir viva.co.id

Tak hanya cairan, kebutuhan akan vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga bisa memberi manfaat baik pada tubuh di kala berpuasa. Terlebih, jus buah juga aman dikonsumsi bagi mereka pengidap diabetes.

"Kalau kasusnya juga diabetes, minum jus buah itu aman sekali. Asal jangan ditambah dengan pemanis lagi. Sop buah sebaiknya tidak untuk orang diabetes, tapi untuk mereka yang non diabetes saja," tambah dokter Tina.

Dokter Tina menyarankan agar pembuatan jus buah juga dikombinasikan dengan buah lain atau tambahan sayur. Buah atau sayur yang paling direkomendasikan, yaitu yang memiliki manfaat vitamin C yang tinggi.

"Vitamin C itu bagus itu meregenerasi kulit, jadi kalau bisa cari buah dengan sumber vitamin C yang banyak seperti tomat, jeruk, pepaya. Coba kombinasikan dengan buah lain agar dapat manfaat banyak vitamin sekaligus," jelasnya.