DLH Parepare Ikut Berperan Hadirkan Pasar Rakyat Sumpang Jadi Pasar Aman dan Sehat

DLH akan memberikan SOP terkait pengelolaan limbah di pasar

DLH Parepare Ikut Berperan Hadirkan Pasar Rakyat Sumpang Jadi Pasar Aman dan Sehat
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Parepare, Budi Rusdi.IST






KABAR.NEWS,PAREPARE--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare turut berperan aktif dalam menciptakan Pasar Rakyat Sumpang Minangae menjadi pasar aman dan sehat yang akan diperlombakan pada Februari 2021 ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Parepare, Budi Rusdi, Minggu 6 Februari 2021.

Budi mengemukakan, DLH akan memberikan SOP terkait bagaimana mengelola limbah padat dan limbah cair dengan baik sehingga kondisi pasar menjadi bersih dari limbah.

“Kita dipercayakan melihat dan mengatasi permasalahan limbah yang ada di Pasar Sumpang Minangae ini. Limbah ini ada dua macam, limbah padat dan limbah cair. Limbah padatnya itu adalah sampah yang dihasilkan oleh pedagang pasar dan limbah cair itu adalah hasil pencucian dari pedagang atau pembuangan dari WC pasar,” ungkap Budi.

Budi menekankan, semuanya itu perlu dikelola dengan baik. “Kita akan memberikan cara bagaimana mengelola limbah tersebut,” lanjut Budi.

Budi mengaku, secepatnya berkoordinasi dengan pengelola pasar dan warga sekitar beserta pedagang untuk memberikan edukasi sehingga semua paham mengenai pengelolahan limbah.

“Semua itu kita lakukan untuk menjadikan Pasar Sumpang Minangae betul betul layak menjadi pasar aman dan sehat serta inovatif berwisata dan berwawasan lingkungan,” tandas Budi.

Penulis : Arsyad/B