DLH Parepare Harap Finalis Duta Lingkungan Hidup Jadi Mitra Strategis

- Disampaikan saat audiens

DLH Parepare Harap Finalis Duta Lingkungan Hidup Jadi Mitra Strategis
Audiesn DLH Kota Parepare bersama Duta Lingkungan Hidup 2022. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Parepare - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, Sulawesi Selatan, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kota Parepare 2022. 


Menjelang pemilihan, Finalis Duta Lingkungan Hidup Parepare bersama Ikatan Duta Lingkungan Hidup Parepare audiens dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Parepare, Budi Rusdi dan jajaran di Kebun Raya Jompie (KRJ) Parepare, Rabu (3/8/2022).


Turut hadir dalam audiens, Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Parepare, Jenamar Aslan, dan Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) Parepare Bakhtiar Syarifuddin (HBS). 


Kepala DLH Parepare, Budi Rusdi dalam kesempatan itu mengatakan bahwa setiap Duta Lingkungan Hidup harus memiliki wawasan yang cukup tentang lingkungan yang dibarengi sikap atau tindakan yang nyata bagaimana menyikapi pelestarian dan menjaga lingkungan hidup.


Budi juga memberi apresiasi kepada para Finalis Duta Lingkungan Hidup yang ingin menjadi pelopor pelestarian lingkungan hidup khususnya di Parepare.


"Duta Lingkungan Hidup sebagai mitra lingkungan dalam mengkampanyekan dan menjadi motivator serta penggerak dalam pelestarian lingkungan hidup," kata Budi.


Jadi seorang Duta Lingkungan Hidup, kata Budi, selain memiliki wawasan juga harus mampu mengimplementasikannya. Dia berharap dengan adanya pembekalan nantinya dapat menjadikan para Duta Lingkungan Hidup sebagai sosok yang cakap dan berperilaku baik serta mampu mentransferkan ilmunya kepada masyarakat.


Senada dengan itu, Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) Parepare Bakhtiar Syarifuddin (HBS) menyambut baik adanya komunitas seperti Duta Lingkungan Hidup. Dia juga berharap semoga generasi muda memiliki nyali tentang kepedulian terhadap lingkungan hidup.


"Saya tidak ingin event ini hanya sekadar seleksi semata. Namun, betul betul mampu memperlihatkan kepada masyarakat bahwa dia adalah generasi muda yang peduli terhadap lingkungan," harap Bakhtiar.


Kota Parepare, kata Bakhtiar, masih sangat membutuhkan generasi muda yang peduli terhadap lingkungan hidup. 


"Jadi anak muda Kota Parepare khususnya yang terpilih menjadi Duta Lingkungan Hidup harus mampu menjadi destroyer pada dirinya sendiri dan masyarakat pada umumnya sehingga ada tambahan ruang terbuka hijau di Kota Parepare," tandas HBS, akronimnya.


Penulis: Arsyad/C