DKP Makassar Jamin Ketersediaan Pangan Jika Makassar Kembali PSBB

Ketersediaan pangan dijamin penuh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar

DKP Makassar Jamin Ketersediaan Pangan Jika Makassar Kembali PSBB
Ket. Gambar: ilustrasi pedagang bahan kebutuhan pokok(Kabarnews/ Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, MAKASSAR - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum diputuskan oleh Pemerintah Kota Makassar kapan akan kembali diberlakukan. Walau begitu ketersediaan pangan masih terkendali, bahkan jika PSBB nantinya jadi diterapkan. 

Ketersediaan pangan dijamin penuh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar yang memastikan kalau pasokan dan harga pangan tetap aman ketika PSBB kembali dilakukan.

Kepala Bidang (Kabid) Kerawanan, Distribusi, dan Cadangan Pangan DKP Kota Makassar, Muh Ashari mengungkapkan, pasokan 11 komoditas pangan aman terkendali. Terkhusus bahan pokok yakni beras.

Sehingga krisis pangan yang diwanti-wanti tak perlu dicemaskan oleh warga."Beras kita dari APBD Pemkot ada 13 ton, lalu dari pemerintah pusat 100 ton. Di Bulog juga ada ketersediaan 5000 ton," ungkapnya saat dihubungi, Minggu (10/01/2021).

Menurutnya masyarakat tak perlu memborong kebutuhan pangan di pasaran, jika betul PSBB nantinya kembali dicanangkan Pemkot."Dan 11 komoditas pangan yang lain cukup semua, banyak. Kalau PSBB nanti, masyarakat tidak perlu khawatir untuk berbondong-bondong belanja," sambungnya.

Kendati beberapa harga pangan naik seperti cabai besar merah, namun dirinya memastikan jika harganya akan kembali turun."Tidak ada, tetap ji stabil harga untuk 11 bahan pokok. Itu pun kalau ada yang naik itu karena musim hujan. Jadi tidak ada persolan," pungkas Ashari. 

Sebelumnya, Pemkot dikabarkan akan segera memutuskan terkait apakah PSBB akan diterapkan kembali atau tidak. Namun, Ahli Epidemiologi Satgas Covid-19 memprediksi jika kebijakan tersebut kemungkinan diterapkan.

"Jadi sebelum pusat putuskan kita di Makassar sudah prediksi itu. Beberapa hari lalu kita sudah wacanakan Makassar akan PSBB jika kasus terus mengalami peningkatan," kata Ketua Tim Ahli Epidemiologi Satgas Covid-19 Makassar, Ansariadi, Sabtu (09/01/2021).

Ansariadi juga mengaku kepastian PSBB di Makassar dilaksanakan atau menggunakan alternatif lain akan di umumkan 2 hari ke depan atau Senin, (11/01/2021) bersamaan.

Penulis :Fitria Nugrah Madani/A