Skip to main content

Ditetapkan Tersangka, Ini Peran Istri Bos Abu Tours

Abu Tours
Ilustrasi.


KABAR.NEWS, Makassar - Polda Sulsel telah menetapkan istri bos Abu Tours, Nursyahriah Mansyur alias Ria sebagai tersangka dalam kasus Biro Perjalanan Haji dan Umrah, Abu Tours.


Tersangka yang juga menjabat sebagai Komisaris PT Abu Tours ini ditetapkan tersangka karena bertugas sebagai mengendalikan lalu lintas keuangan untuk pembayaran pada PT Abu Tours.


Baca Juga: 


"Tersangka telah melakukan tindak pidana penggelapan dan pencucian uang," jelas Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, Rabu (11/7/2018).


Dicky menjelaskan bahwa istri dari Hamzah Mamba ini berdasarkan alat bukti, tersangka mendistribusikan sebagian dana dan rekening penampungan yang berasal dari dana jemaah untuk keperluan pribadinya.


Ia pun turut serta mendistribusikan sebagian dana dari rekening penampungan PT Abu Tours untuk keperluan lain diluar kepentingan perjalanan umrah. Termasuk ditemukannya aliran dana dari rekening penampungan PT Abu Tours ke rekening pribadinya.


"Tersangka telah di tahan sejak kemarin. Ia pun dijerat dengan pasal 374 subsider 372 KUHP Jo pasal 55 ke 1 KUHPidana, Jo pasal 64 ayat 1 KUHPidana dan atau pasal 55 UU RI nomor 8 tahun 2010," tukasnya.


Perlu diketahui, dalam kasus Abu Tours ini, Polda Sulsel sebelumnya telah menetapkan tiga orang tersangka. Yaitu, Direktur Utama PT Abu Tours, Abu Hamzah Mamba, mantan Manager Keuangan Abu Tours dengan inisial MKS (40) warga Jalan Dg Tata Raya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar dan Komisaris PT Abu Tours bernama Khairuddin alias Heruddin M Latang.


Sementara itu, sampai saat ini, Polda Sulsel telah menyita beberapa aset bergerak maupun tidak bergerak Hamzah Mamba dan telah ditaksir mencapai Rp 200 Miliar. Dan akibat perbuatan para tersangka ini, mengakibatkan kerugian bagi 96.601 calon jamaah umrah dengan total kerugian mencapai Rp 1,4 Triliun.

  • Lodi Aprianto