Disporapar Parepare Ajak Pemuda Berkolaborasi Majukan Pariwisata dan Olahraga

*Gelar Forum Perangkat Daerah Penyusunan Rancangan Rencana Kerja 2023

Disporapar Parepare Ajak Pemuda Berkolaborasi Majukan Pariwisata dan Olahraga
Forum Perangkat Daerah Penyusunan Rancangan Rencana Kerja 2023 yang digelar Disporapar Parepare di Hotel Kenari, Selasa (15/3/2022). (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Parepare - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Parepare, Sulawesi Selatan, mengajak komunitas ataupun organisai kepemudaan untuk berkolaborasi memajukan dua sektor startegis tersebut.


Ajakan itu disampaikan Kepala Disporapar Parepare Amarun Agung Hamka pada Forum Perangkat Daerah Penyusunan Rancangan Rencana Kerja 2023 yang digelar di Hotel Bukit Kenari, Jalan Jendral Sudirman, Parepare, Selasa (15/3/2022). Kegiatan ini dihadiri organisasi kepemudaan hingga organisasi perangkat daerah.


Sejumlah item menjadi pembahasan dalam forum ini khususnya pengembangan sektor pariwisata, olahraga maupun pemuda.


Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Parepare Ramdan mengatakan, pihaknya sebagai organisasi akan terus menggenjot pemuda yang aktif dalam berapa berbagai sektor.


"Kita atas terus berupaya melibatkan sebanyak mungkin pemuda yang aktif dalam organisasi kepemudaan," kata Ramdan.


Ia menyampaikan saran bahwa pengembangan pariwisata khususnya yang bersentuhan dengan pemuda perlu didorong dengan semangat kolaborasi.


"Di sektor pariwisata, pengembangannya pun bisa dibuat secara asyik, contohnya yang saat ini dilakukan pak Sek KNPI Camp For Fun," terang dia.


Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda Disporapar Parepare Mansyur Sunusi mengaku akan terus menciptakan kolaborasi yang baik antara pemerintah dengan organisasi pemuda.


Terkait pertanyaan tentang pengembangan sektor pariwisata, pemuda dan olahraga khusus ketersediaan fasilitas disambut baik oleh Disporapar Parepare.


Kepala Sub Bagian Perencana dan Program Disporapar Parepare, Haerunisa Burhan menyampaikan, bahwa untuk usulan baik dari tingkat kelurahan maupun organisasi bisa diajukan lewat penginputan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).


"Untuk pengajuan bisa mengusulkan dengan masukkan lewat SIPD. Seperti rehab misalnya, harus juga ditentukan status kepemilikan karena harus jelas milik pemerintah, jika bukan milik pemerintah dan dibangun, maka bisa jadi temuan.


Penulis: Arsyad/C