Dispora Gelar Pelatihan Manajerial kepada Pengusaha Muda Torut

membekali wirausaha muda dengan kemampuan teknis

Dispora Gelar Pelatihan Manajerial kepada Pengusaha Muda Torut
Suasana pelatihan wirausaha muda di Hotel Misiliana, Rantepao. Selasa (24/11/2020.(KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Rantepao - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Toraja Utara (Torut) menggelar pelatihan wirausaha muda kepada sejumlah pengusaha muda kabupaten ini, di Hotel Misiliana, Rantepao, pada Rabu (25/11/2020)  

Dalam pelatihan tersebut Dispora Torut dihadirkan narasumber dari Widyasawara UPTD Diklat Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Kamaruddin juga puluhan peserta yang memiliki usaha.

Kamaruddin, pada materinya menerangkan tentang rencana usaha, penilaian pasar, rencana pemasaran dan organisasi perusahaan dengan aset tetap serta modal awal yang dibutuhkan, sumber modal dan analisa usaha bersama arus kas juga rencana penjualan dan biaya.

Kepala Dispora Torut, Harli Patrio menuturkan sebanyak 40 peserta yang memiliki usaha ikut dalam pelatihan wirausaha muda dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan atau ketarampilan managerial dan mengakses pasar dan modal.

"Kita membekali wirausaha muda dengan kemampuan teknis sehingga mampu menyusun business plan dan pengembangan yang merupakan salah satu persyaratan akses permodalan  untuk pengembangan usaha yang baik" jelas Harli.

Dikatakan Harly, bahwa pihaknya akan melakukan pembinaan ini tidak berhenti disini saja atau dilakukan sekali saja, tapi berkelanjutan secara bertahap.

"Tidak hanya pembinaan namun juga menghadirkan pelaku usaha yang sukses sebagai narasumber dalam pelatihan ini. Dimana diharapkan setelah dilaksankan kegiatan ini agar bermanfaat bagi peserta yang akan memprogramkan dan kamipun akan melakukan evaluasi dan monitoring sehingga pelatihan yang didapatkan berkembang dan bermamfaat bagi pelaku wirausaha daerah ini"ungkapnya.

Diakui Harli, Dispora memiliki tupoksi melaksanakan pembangunan bidang kepemudaan dengan sasaran utama menumbuhkan kepemimpinan, kepeloporan dan kewirausahaan.

"Untuk akses permodalan itulah tujuan yang didapatkan dalam pelatihan tersebut sehingga mereka dapat  mengakses modal dilembaga keuangan (Bank dan non bank). Kami harap para pemuda yang memiliki jiwa wirausaha muda sebagai tulang punggung bangsa dalam mengikuti pelatihan" kata Harli.


Penulis: Febriani/C