Disperindag Sinjai akan Evaluasi Indomaret dan Alfamart yang Tidak Jual Produk Lokal

*Akan disanksi sesuai Perda

Disperindag Sinjai akan Evaluasi Indomaret dan Alfamart yang Tidak Jual Produk Lokal
Kepala Dinas Perindag dan ESDM kabupaten Sinjai saat berada di toko retail modern di Jalan Persatuan Raya Sinjai Utara. (KABAR.NEWS/Syarif)






KABAR.NEWS, Sinjai - Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag) dan ESDM Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, kembali memperingatkan pengusaha toko retail modern, khususnya Alfamart dan Indomaret untuk menjual produk lokal.


Peringatan Dispenrindag Sinjai menyusul banyak keluhan dari pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang produknya tidak diakomodir oleh retail modern. 


Padahal, daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta ini punyak banyak produk lokal seperti Abon Ikan, Kopi Borong, Bakso Ikan, Nugget, Amplang Ikan dan masih banyak produk lainnya yang sudah berizin BPOM.


"Kami akan kembali memanggil pihak penanggung jawab toko kemudian akan dilakukan evaluasi," ujar Kepala Disperindag Sinjai, Muh. Saleh, saat sidak minyak goreng di Alfamart, Jalan Persatuan Raya Sinjai, Kamis (20/1/2022).


Saleh mengaku telah meminta toko berjejaring di Sinjai untuk menyiapkan lemari khusus yang menyiapkan produk lokal setempat


"Supaya UMKM di daerah juga bisa hidup. Kalau UMKM hidup, berarti banyak tercipta lapangan kerja, karena UMKM itu mempekerjakan banyak orang, dengan demikian roda ekonomi turut berputar," jelasnya.


Toko retail modern diminta tidak hanya memperkaya atau menjaga supaya produk-produk dari luar saja, tapi juga produk-produk lokal harus hidup. Untuk itu dirinya menginginkan standarisasi perlu dipandu oleh pihak toko modern.


"Jadi kami akan kembali meminta apa alasannya, apa kendalanya sehingga belum memasukkan produk lokal UMKM ini. Nah, setelahnya itu ketika sudah ada solusi kemudian belum diindahkan juga, barulah kami mengambil tindakan tegas berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sinjai Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Pasar dan Penataan Toko Modern," jelas Muh Saleh.


Sekadar diketahui, di Kabupaten Sinjai sendiri sudah ada 6 toko retail modern yang terletak di Kecamatan Sinjai Utara.


Penulis: Syarif/A