Skip to main content

Disdik Sulsel Siap Bersinergi Unhas Seleksi Maba Jalur Ketua OSIS

Disdik Sulsel Siap Bersinergi Unhas Seleksi Maba Jalur Ketua OSIS
Kadisdik Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo (kanan) menemui Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, di Gedung Rektorat Unhas, Kamis (8/8/2019). (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus mengupayakan dapat terlibat dalam proses penerimaan mahasiswa baru di Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui jalur Ketua OSIS.


Baca juga: PMMB 2019, Mahasiswa PNUP akan "Berkantor" di 25 BUMN

Keseriusan itu ditandai dengan kedatangan Kadisdik Sulsel, Irman YL, menemui Rektor Unhas Prof Di Aries Tina Pulubuhu, di Ruang Kerja Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Tamalanrea, Makassar, Kamis (8/8/2019)


Irman yang karib disapa None, menjelaskan program yang dilakukan oleh Disdik Sulsel untuk memberi arti OSIS. Menurutnya, Ketua OSIS itu telah memiliki bakat kepemimpinan, tinggal diberi ruang untuk berkembang.


"Kami akan melakukan pemilihan Ketua OSIS serentak di seluruh Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan pada tanggal 19 September nanti.  Ini bukan pemilihan biasa, sebab ada nilai-nilai pelajaran yang kami ingin tanamkan kepada siswa-siswa SMA bagaimana hidup berbangsa dan bernegara yang efektif. Kita akan menggunakan e-voting dalam pemilihan ini,” jelas None, melalui keterangan tertulis yang diterima KABAR.NEWS.


None mengaku tertarik dengan inovasi yang dilakukan oleh Unhas, dan berharap hal ini dapat disinergikan dengan program Disdik Sulsel. Misalnya, Disdik dapat membantu untuk menetapkan kriteria, sehingga aspek kepemimpinan itu betul-betul terakomodasi.


Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu juga mengapresiasi langkah inovatif yang dilakukan oleh Disdik Sulsel.  Apalagi, konsep pembinaan kepemimpinan untuk Ketua OSIS yang disiapkan terukur dan mempunyai kriteria yang jelas.


"Saya kira kita perlu sinergikan kedua inovasi ini. Dinas Pendidikan yang memiliki tools untuk menilai kualitas dan kapasitas siswa Ketua OSIS, nanti Unhas yang menerima dan membina mereka untuk berkembang,” ujar prof Dwia.


"Kalau di penerimaan tahun ini, Unhas yang melakukan seleksi sendiri untuk Jalur Ketua OSIS. Ke depannya, kalau perlu Unhas tinggal menyiapkan kuotanya saja. Kriteria dan asesmen dilakukan oleh Dinas Pendidikan. Jadi kami menerima yang sudah siap,” lanjutnya.


Baca juga: 8 Pelajar MAN IC Gowa Sabet Juara di Event Kompetensi Sains Madrasah 2019

Menanggapi hal tersebut, None tampak sumringah. "Wah, itu lebih baik lagi Bu Rektor. Kami akan maksimalkan instrumen yang kami siapkan ini, sehingga nanti akan muncul siswa-siswa potensial yang unggul,” kata None.


Diskusi yang berlangsung selama sejam ini juga membahas mengenai keinginan None untuk menggandeng Fakultas Hukum Unhas guna memberi pendampingan bagi guru-guru yang mengalami masalah hukum.