Diresmikan Wabup, Pamsimas Penuhi Air Bersih di Gantarang Sinjai

Kebutuhan air bersih

Diresmikan Wabup, Pamsimas Penuhi Air Bersih di Gantarang Sinjai
Wabup Sinjai, Andi Kartini Ottong mersemikan Pamsimas di Desa Gantarang. (Ist)






KABAR.NEWS, Sinjai - Masyarakat di Dusun Bonto Laisa, Desa Gantarang, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, kini tak kekurangan air bersih lagi. 


Hal itu karena pembangunan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Gantarang mulai beroperasi dan diresmikan Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong, Rabu (16/12/2020).


Andi Kartini mengatakan, keberadaan Pamsimas sangat dibutuhkan masyarakat di daerah pedesaan yang masih kekurangan air. Katanya program Pamsimas ini telah direncanakan beberapa tahun lalu, namun baru terlaksana pada 2020.


Apalagi memang, air bersih adalah sumber kehidupan. Jika tidak ada air bersih, maka kesulitan akan timbul di masyarakat. Untuk itu, diharapkan sama-sama menjaganya agar bermanfaat.


“Saya berharap, keberadaan Pamsimas di Desa Gantarang dapat dirawat dan difungsikan dengan optimal. Program Pamsimas ini juga sejalan dengan visi misi pemerintah daerah,” harapnya.


Sementara itu, Kepala Desa Gantarang, Insan, menuturkan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sinjai karena telah memfasilitasi sehingga program Pamsimas pada tahun ini juga menyentuh desa yang dipimpinnya.


“Memang kekurangan air bersih apalagi saat musim kemarau dan alhamdulillah selama ada pamsimas kalau kita lihat debit airnya, Insya Allah akan mencukupi kebutuhan air bersih. Kurang lebih 300 kepala keluarga atau 1.600 jiwa akan merasakan manfaatnya,” jelasnya.


Peresmian ini turut dihadiri Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Irwan Suaib, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yuhadi Samad, Camat Sinjai Tengah Muh. Jufri. Diketahui, selain peresmian Pamsimas Wabup Sinjai juga meresmikan kantor desa baru Gantarang di Dusun Barue.


Penulis: Syarif/B