Dipindahkan ke Dalam Stadion, Pengungsi Gempa Sulbar: Lebih Aman 

16 tenda darurat didirikan di dalam Stadion Manakarra, Mamuju.

Dipindahkan ke Dalam Stadion, Pengungsi Gempa Sulbar: Lebih Aman 
Tenda darurat untuk korban gempa Sulbar dibangun di dalam Stadion Manakarra, Mamuju. (Foto: KABAR.NEWS/Darsil Yahya)






KABAR.NEWS, Mamuju - Tim SAR gabungan memindahkan pengungsi gempa Sulawesi Barat (Sulbar) ke dalam Stadion Manakarra, Mamuju, Senin (18/1/2021). Sebelumnya, para pengungsi tersebut berlindung ditenda yang berada di luar Stadion Manakarra. 

Seorang pengungsi, Dahlia (50) mengaku senang dengan adanya tenda darurat yang didirikan bagi para pengungsi korban gempa di dalam stadion.

"Lebih baik di sini, lebih aman dirasa karena kalau di luar kehujanan," ucap Dahlia kepada KABAR.NEWS saat ditemui di dalam Stadion Manakarra. 

Hal berbeda disampaikan pengungsi lainnya, Nurianti (42) mengaku lebih suka tenda berada di luar Stadion Manakarra. Ia beralasan, posisi toilet darurat terlalu jauh jika tenda berada di dalam stadion. 

"Saya pikir setelah pindah ke sini (dalam Stadion) tidak terlalu jauh cari kamar mandi daruratnya, tapi ternyata agak jauh dari sini. Apalagi, saya punya mama sakit kasihan jadi setengah mati kalau mau ke kamar mandi," kata Nurianti.

Menurutnya, ia sebenarnya lebih senang berada di luar Stadion karena toilet daruratnya dekat jadi mudah untuk diakses. Bahkan ia juga kecewa karena makanan yang di sediakan tidak ada buat anak bayi dan lansia. 

"Ada bayiku kasihan anaknya saya punya adek (keponakan) tidak ada makanannya dia kasihan. Jadi saya berharap ada makanan tersendirinya seperti bubur dan khusus makanan untuk lansia," keluhnya. 

Bahkan ia mengaku setelah Presiden Jokowi berkunjung ke Stadion Manakarra. Ia sekeluarga akan pindah kembali keluar stadion.

"Rencana besok setelah pak Jokowi datang saya akan keluar dari sini," tandasnya. 

Dandim 1418/Mamuju, Kolonel Tri Aji Sartono mengatakan ada sekitar 16 tenda didirikan di dalam Stadion Manakarra untuk korban bencana gempa.

"Tenda untuk pengunsi di penampungan ini yang dari Kemensos ada 9 dari BPBD ada 3 dari TNI ada 4 ditambah lagi tenda dapur lapangan TNI tenda Posko kesehatannya TNI sama dapur lapangannya Kemensos untuk menampung kurang lebih 1.000 pengungsi," kata Tri Aji Sartono.

Kolonel Tri Aji Sartono mengaku khusus tenda Kemensos diprioritaskan untuk anak-anak dan perempuan dan bisa menampung minimal 50 orang.

"Diprioritaskan anak-anak dan perempuan dan laki-laki, bapaknya di tenda belakangnya," ucapnya.

ia juga menambahkan ada 18 kamar mandi ditambah lagi WC darurat untuk buang air kecil.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan berkunjung ke Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (19/1/2021). Dalam agendanya ke Mamuju, Jokowi untuk meninjau secara langsung kondisi Kantor Gubernur Sulbar dan melihat kondisi korban gempa di Stadion Manakarra.

Penulis : Darsil Yahya/B