Dipimpin Andi Sudirman, Sulsel hari Ini Tanam 35 ribu Pohon Mangrove 

* Peringati hari jadi Sulsel ke-353 tahun

Dipimpin Andi Sudirman, Sulsel hari Ini Tanam 35 ribu Pohon Mangrove 
Ilustrasi. Masyarakat menanam bibit Mangrove yang diberikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel di Kelurahan Borimasunggu, Kecamatan Labbakkang, Kabupaten Pangkep . (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman pada Sabtu (15/10/2022) hari ini, dijadwalkan memimpin secara simbolis penanaman 35.300 pohon mangrove pada sejumlah wilayah pesisir Sulsel.


Aksi tanam mangrove serentak tersebut digelar sebagai rangkaian hari jadi Sulsel ke-353 tahun. Penanaman ini selain melibatkan melibatkan sekitar 18 ribu pelajar SMA se-derajat yang tersebar di wilayah pesisir.


"Untuk acara penanaman simbolis oleh Bapak Gubernur akan dilaksanakan di PIP Untia Makassar. Yang lain di Maros, Pangkep, Barru, Bone, Bulukumba, Selayar dan Luwu," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Muhammad Ilyas, Jumat (14/10/2022) di Makassar.


Daerah lain yang terlibat dalam penghijauan ini adalah Kabupaten Luwu Utara, Kota Palopo dan Kabupaten Jeneponto. Bukan hanya siswa, warga Sulsel pun terlibat dalam proses penanaman pohon mangrove ini.


"Jadi Bapak Gubernur  hanya simbolis saja. Nanti sisanya ditanam siswa/siswi dan kami. Rencana kita tawarkan ke tamu tamu dan Kepala OPD pemprov. Jika beliau berkenan turun kita akan siapkan lokasi,” ujar Ilyas.


Selain penanaman pohon mangrove, juga dilaksanakan penyerahan gudang garam 7 unit, penyerahan perahu Pokmaswas 2 unit, Penyerahan smart fishing 10 unit.


Kemudian penandatanganan prasasti peresmian rehabilitasi PPI Lonrae Bone, launching gerai layanan nelayan, penyerahan bibit produktif jenis pinus merkusi dan jenis aren dari dinas kehutanan.


Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad mengatakan, pelibatan pelajar dalam aksi penghijauan ini sejalan dengan program Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk menciptakan pelajar "Andalan" yang peduli lingkungan.


"Beberapa kegiatan terkait hal tersebut, di antaranya gerakan penanaman pohon, gerakan sekolah hijau dan produktif, termasuk di dalamnya sekolah bebas sampah plastik. Harapannya, dengan aksi penanaman mangrove nantinya dapat membangun kesadaran siswa/siswi terhadap pelestarian lingkungan,” pungkasnya. (*)