Dinsos Sulsel Siapkan Tempat Pengungsian Korban Gempa Sulbar

Sediakan tiga gedung di Makassar.

Dinsos Sulsel Siapkan Tempat Pengungsian Korban Gempa Sulbar
Dinsos Sulsel mendata pengungsi gempa Sulbar di Kantor Dinsos Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Senin (18/1/2021). (Foto: KABAR.NEWS/Reza Rivaldy)

KABAR.NEWS, Makassar - Dinas Sosial (Dinsos) Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah menyediakan tempat bagi para pengungsi dari Sulawesi Barat (Sulbar) yang terdampak bencana gempa. Setidaknya tiga gedung disiapkan Dinsos Sulsel.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinsos Sulsel, Gemala Faoza mengatakan tempat disediakan bisa menampung hingga ratusan orang. Gemala mengaku tempat tersebut memang sudah dipersiapkan dan memadai.

"Kita sediakan ada tiga gedung, Kantor Dinas Dinsos, rumah dinas, gedung UPT, dan kita juga sudah koordinasi dengan asrama haji dan menyiapkan dua asrama," kata Gemala kepada wartawan saat di temui di kantornya, Senin (18/1/2021).

Gemala menyatakan bakal melakukan koordinasi ikhwal pemulangan para pengungsi ke kampung halamannya rata-rata berada di luar Provinsi Sulsel.

"Untuk pemulangannya karena rata-rata mau pulang ke kampung halamannya mengingat di Sulbar mereka tidak mempunyai apa-apa. Jadi kami akan meminta petunjuk kepada pimpinan untuk bagaimana caranya para pengungsi ini kembali ke kampung halamannya. Rata-rata ada dari Balikpapan dan Jawa tengah," ucapnya.

Sebelumnya sudah ada 629 warga Sulbar mengungsi dibawa masuk ke Kota Makassar. Rencananya sekitar 90 orang lagi dari Sulbar akan tiba.

Penulis : Reza Rivaldy/B